Rabu 26 Apr 2023 19:36 WIB

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Ini Dulu Biar Lebih Murah

Berapa maksimal besaran cicilan mobil untuk orang dengan gaji di bawah Rp 10 juta?

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Showroom mobil bekas Belanja Mobil, Mangga Dua Square, Jakarta, Senin (6/2/2023). Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.
Foto: Republika/Prayogi.
Showroom mobil bekas Belanja Mobil, Mangga Dua Square, Jakarta, Senin (6/2/2023). Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil bekas dapat menjadi alternatif bagi orang berpenghasilan di bawah Rp 10 juta yang hendak membeli kendaraan roda empat. Namun, perencana keuangan dari OneShildt Financial Independence, Agustina Fitria, membagikan beberapa perhitungan sebelum membeli mobil bekas.

"Memilih mobil second juga lebih banyak hal-hal yang harus diperhatikan,” kata Fitri kepada Republika.co.id, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin membeli mobil bekas:

1. Tentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Jika lebih banyak untuk kebutuhan berkendara di dalam kota, maka cukup menggunakan mobil dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar dan tidak perlu mobil berpenggerak emat roda (4 wheel drive). Dengan begitu, harga mobilnya juga bisa lebih rendah.

 

2. Pilih usia kendaraan yang masih dalam masa garansi bengkel resmi. Umumnya di bawah 100 ribu km atau tiga tahun, mana yang tercapai lebih dulu. Jika melewati masa garansi, maka perawatan selanjutnya menjadi tanggungan Anda.

3. Pastikan legalitas surat kendaraan. Cek juga apakah ada pajak atau tilang yang tertunggak. Hindari berurusan dengan masalah hukum hanya karena mencari mobil murah.

4. Cek kondisi fisik (mesin, body, interior) dan catatan servis dari bengkel resmi, apakah ada riwayat kerusakan berat, seperti banjir dan kecelakaan. Mobil bekas yang masih orisinal kemungkinan harganya lebih tinggi, jadi pastikan Anda menyiapkan toleransi atas kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

5. Jika Anda akan membeli secara kredit, siapkan dana awal untuk uang muka (DP), cicilan pertama, biaya asuransi, dan biaya kredit atau leasing.

6. Sebagai referensi kesehatan keuangan, maka cicilan utang konsumsi seperti kendaraan, tidak lebih dari 15 persen dari penghasilan. Jangka waktu utang konsumsi disarankan maksimal tiga tahun.

7. Selain biaya untuk pembelian dan cicilan utang, perhatikan juga kebutuhan biaya rutin, seperti pembelian bahan bakar, biaya servis berkala, pembayaran pajak tahunan, parkir, dan tol. Pilihlah mobil bekas yang biaya perawatannya terjangkau.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement