Sabtu 22 Apr 2023 23:59 WIB

3 Gejala Kanker yang Bisa Muncul Saat Jam Makan

Orang yang terkena kanker tidak merasa lapar saat jam makan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kanker bisa muncul dengan gejala yang tak begitu kentara. Namun terkadang, gejala kanker bisa tampak di kala jam makan.
Foto: www.freepik.com
Kanker bisa muncul dengan gejala yang tak begitu kentara. Namun terkadang, gejala kanker bisa tampak di kala jam makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker bisa muncul dengan gejala yang tak begitu kentara. Namun terkadang, gejala kanker bisa tampak di kala jam makan.

Menurut Dr Deborah Lee, ada beberapa masalah makan yang bisa muncul berulang kali dan mungkin berkaitan dengan kanker. Berikut ini adalah tiga di antaranya, seperti dilansir Express

Tak Nafsu Makan

Salah satu gejala kanker yang sangat umum adalah tak adanya nafsu makan. Orang yang terkena kanker bisa tak merasa lapar ketika jam makan tiba.

"Atau hanya bisa menyantap makanan dalam jumlah kecil," jelas Dr Lee.

Tak jarang, gejala tidak nafsu makan ini disertai dengan beberapa gejala lain. Beberapa contohnya adalah penurunan berat badan, nyeri perut, mual, dan muntah.

Gejala tak nafsu makan bisa ditemukan dalam berbagai kasus kanker. Menurut Dr Lee, sekitar 50 persen pasien kanker bergelut dengan gejala ini. Meski begitu, gejala tak nafsu makan paling umum ditemukan pada kasus kanker pankreas, kanker saluran cerna atas, dan kanker paru.

Disfagia

Kesulitan menelan atau disfagia juga dapat menjadi gejala kanker. Disfagia bisa membuat makanan yang ditelan tersangkut dan tak bisa masuk lebih jauh ke dalam saluran cerna. Tak jarang, orang dengan disfagia bisa mengalami muntah karena kesulitan menelan.

Biasanya, orang dengan disfagia membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah dan menelan makanan. Mereka juga dapat mengeluarkan suara tak biasa ketika makan atau minum.

Disfagia bisa ditemukan pada beberapa jenis kanker. Jenis kanker tersebut adalah kanker esofagus atau kerongkongan, kanker mulut dan lidah, kanker laring, kanker tiroid, kanker kulit, dan kanker rongga hidung serta sinus.

Cepat Kenyang

Merasa cepat kenyang saat makan biasanya muncul beriringan dengan gejala tak nafsu makan. Orang yang memiliki kondisi cepat kenyang biasanya sering merasakan rasa tak nyaman di perut mereka.

"Anda mungkin merasa kenyang setelah menyantap setengah makanan Anda, (dan) perut Anda terasa gembung," q Dr Lee.

Kecenderungan mudah kenyang patut diwaspadai berkaitan dengan kanker bila disertai dengan beberapa gejala lain. Sebagai contoh, mual, nyeri perut, //heartburn//, atau kembung.

Gejala cepat merasa kenyang kerap menjadi "red flag" atau tanda peringatan dari kanker ovarium atau indung telur. Namun, gejala ini juga bisa ditemukan dalam kasus kanker pankreas dan kanker lambung.

"Jangan mengabaikannya. Semakin cepat Anda (memeriksakan diri), semakin besar peluang mendapatkan hasil pengobatan yang baik," ujar Dr Lee. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement