Sabtu 22 Apr 2023 14:18 WIB

Rahasia Toilet Kinclong, Cukup dengan Es Batu dan Cairan Kumur

Cara membersihkan toilet ini sama sekali tidak memakai bahan kimia yang keras.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tidak perlu cairan kimia yang keras agar toilet di rumah menjadi lebih bersih dan kinclong/ilustrasi.
Foto: furniturekue.com
Tidak perlu cairan kimia yang keras agar toilet di rumah menjadi lebih bersih dan kinclong/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kebanyakan orang tidak suka berurusan dengan banyak produk pembersih berbahan kimia keras. Akun TikTok @refinedliving berbagi cara mudah untuk membersihkan toilet, khususnya kloset sampai kinclong tanpa menggunakan bahan kimia keras.

Cara itu disebut sebagai “DIY Natural toilet cleaning cubes”. Video tutorial dimulai dengan mencampurkan beberapa bahan ke dalam mangkuk kaca

Baca Juga

Canpuran itu terdiri atas satu cangkir soda bikarbonat (soda kue), seperempat cangkir jus lemon dan sabun cuci piring. Aduk semuanya sampai berbusa.

Terakhir masukkan larutan pembersih tersebut ke dalam baki es batu dan biarkan membeku semalaman di dalam freezer. Setelah campuran pembersih jadi beku seperti es batu, jatuhkan itu ke dalam kloset lalu gosok-gosok toilet dengan sikat, kemudian siram.

Di bagian keterangan, Refined Living menjelaskan bahwa orang tidak perlu menyimpan sisa es batu di dalam freezer, meskipun telah dicairkan. Sisanya dapat disimpan di tempat lain.

“Itu menjadi sedikit halus tapi pasti tidak kembali menjadi cair! Saya tidak akan menumpuknya tetapi Anda pasti bisa menyimpannya di dalam wadah,” tulis akun tersebut, seperti dikutip dari Express, Jumat (21/4/2023).

Disebutkan bahwa larutannya cukup harum, tetapi orang juga bisa saja menambahkan minyak esensial ke dalam campuran tersebut untuk membuat kamar mandi beraroma lavender, lemon, atau aroma lain yang diinginkan. Namun perlu dicatat bahwa banyak minyak esensial seperti jeruk, peppermint, pinus, dan minyak kayu putih dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan.

Jadi perlu waspada dan melakukan riset dulu, jika menambahkannya ke campuran pembersih apa pun. Menggunakan es di toilet juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau tak sedap dan membantu  untuk mencegah penyumbatan pipa.

Trik pembersihan ini dapat digunakan untuk membantu mengurangi kerak, yang menumpuk di area air yang sulit dibersihkan dan banyak orang sering menggunakan bahan kimia keras untuk itu. Namun, bagi mereka yang menginginkan solusi lain untuk pembersihan toilet bebas racun, alternatif ini jadi satu trik unik, yang disebut "rahasia toilet berkilau".

Solusi tidak biasa lainnya ada penggunaan obat kumur sebagai trik utama. Caranya dengan memasukan satu cangkir obat kumur ke dalam toilet lalu membiarkannya selama 30 menit. Setelah itu, gosok toilet dan solusi itu disebut bekerja dengan sangat baik.

Hidrogen peroksida dalam obat kumur yang menjadikan larutan pembersih mudah dan bermanfaat. Jika ingin mencoba cara ini, bisa memilih obat kumur berwarna biru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement