Jumat 21 Apr 2023 14:23 WIB

Lebih Segar dan Abadi, Ini 3 Warna Kitchen Set Paling Populer 2023

Dapur bahkan telah menjadi ruang fungsional utama dalam rumah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dapur biru telah menjadi pilihan yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir.
Foto: Unsplash
Dapur biru telah menjadi pilihan yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sentuhan cat pada kitchen set dapat memengaruhi nuansa dapur bahkan rumah secara keseluruhan. Menurut Magnet’s Kitchen, ada tiga warna kabinet teratas yang paling banyak dipilih saat ini.

Dalam sebuah studi baru tren warna ini, Magnet menganalisis sentimen lebih dari 250 ribu cuitan  yang berkaitan dengan desain interior selama setahun terakhir. Kemudian terkait dengan data penjualan internal, media sosial, dan pencarian Google.

Baca Juga

Ahli interior Jen Nash mengatakan orang juga mulai gemar berkonsultasi dengan desainer favorit mereka. Menurut dia, dapur bahkan telah menjadi ruang fungsional utama ke pusat rumah selama beberapa dekade terakhir.

“Evolusi penggunaan juga menghadirkan apresiasi warna yang baru dan menyegarkan. Orang semakin banyak menggunakan rumah untuk mengekspresikan diri tetapi membutuhkan ruang serbaguna,” kata dia, seperti dikutip dari laman Express, Kamis (20/4/2023).

 

1.Warna hijau dengan kesan kesegaran

Menurut Magnet, dapur bernuansa hijau telah menjadi pilihan warna untuk kabinet yang paling digemari di Inggris. Mereka bisa memilih warna hijau zaitun dan sage, untuk mendukung desain biofilik.

“Dari warna hutan dan zaitun yang lebih dalam hingga varian eucalyptus dan sage yang lebih halus, keserbagunaan rona hijau, sebagian, membuatnya menjadi palet pilihan di dapur modern saat ini,” ungkap dia.

Warna alam ini dianggap menggabungkan asosiasi dengan alam dan membangkitkan keseimbangan, pertumbuhan, pembaharuan dan harmoni. Hijau menjadi warna menyegarkan yang memungkinkan penghuni di ruang kerja merasakam sensasi segar dan tenang.

Cara termudah untuk mencapai desain biofilik adalah melalui penggunaan warna yang cerdas.

 

2. Biru dengan nuansa tenang

Selama enam bulan terakhir, dapur biru telah menjadi best seller kedua. Dapur biru telah menjadi pilihan yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Kesan laut, tenang, aman dan bergaya, berpadu sempurna dengan gaya shaker klasik serta desain modern minimalis.

“Ketika orang mencari palet klasik yang lebih kontemporer di samping lingkungan yang lebih cerah, kami melihat dapur bernuansa biru yang lebih terang semakin diminati,” lanjut Nash.

Nuansa yang terinspirasi warisan ini menawarkan pendekatan abadi, segar, dan serbaguna tetapi dengan tambahan rasa bermain dan kepribadian, di rumah baik di ruang klasik maupun kontemporer. Mirip dengan warna hijau, kualitas nuansa biru yang tembus cahaya dan sejuk ini menggugah alam, menciptakan perasaan tenang yang sejalan dengan tuntutan sosial dan fungsi dapur modern.

 

3. Warna natural yang abadi

Terlepas dari munculnya tren interior maksimalis, yang melibatkan banyak warna dan pola berbeda, dapur natural dan kasmir tetap masuk sebagai salah satu warna dapur favorit di tahun 2023. Nuansa halus dari nuansa alami dapat memiliki dampak yang sama besarnya pada kesehatan sebagai warna pernyataan.

Dapur krem ​​dan alami telah menjadi terlaris ketiga Magnet selama enam bulan terakhir dengan dapur Tatton Pebble dan Luna Cashmere menjadi gaya alami paling populer.

Magnet juga melaporkan bahwa pencarian Google untuk dapur berwarna alami telah meningkat sebesar 47 persen selama setahun terakhir, dan sebesar 54 persen di Pinterest.

Nuansa ini memiliki efek meningkatkan ruang dan menawarkan hasil akhir yang bersih dan tak lekang oleh waktu (timeless) untuk dapur serba putih yang telah lama digunakan.

Dengan warna-warna ini, penghuni dapat menciptakan ruang yang nyaman dengan banyak perabotan lembut serta banyak lapisan, menurut ahli. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement