Ahad 23 Apr 2023 12:00 WIB

Public Speaking Ala Teuku Daffa

Public speaking masih harus menjadi perhatian tersendiri bagi generasi muda Indonesia

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi public speaking
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi public speaking

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Public speaker Teuku Daffa mengungkapkan pentingnya public speaking bagi generasi muda di Indonesia. Public speaking dapat diartikan sebagai keahlian berbicara di depan publik.

Daffa menilai, public speaking masih harus menjadi perhatian tersendiri bagi generasi muda Indonesia kini. Menurutnya kemampuan berbicara dihadapan publik seseorang sangat berguna untuk mengungkapkan ide dan gagasan segar yang dimiliki anak muda kepada masyarakat bahkan yang lebih besar lagi.

Oleh karenanya, kata dia, penting bagi generasi muda memiliki kemampuan public speaking dengan baik. "Dengan bisa public speaking, anak-anak muda akan lebih percaya diri, lebih bisa speak up, sehingga inovasi-inovasi yang semula terhalang untuk muncul bisa tersampaikan dengan baik," kata Daffa kepada Republika, beberapa waktu lalu.

"Dan otomatis bangsa kita akan jadi bangsa yang berani dan cerdas anak mudanya," ujarnya menambahkan.

Berangkat dari situ, Daffa yang juga seorang trainer muda nasional membagikan berbagai macam tips yang bisa dipelajari oleh semua orang khususnya generasi muda. Dia kerap berbagi melalui beragam platform media sosial yang dimilikinya melalui akun Daffa Speaks.

Daffa Speaks membagikan tips-tips public speaking yang ada di platform media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan Tiktok. Akun yang digawanginya itu muncul untuk membantu membuang rasa takut para generasi muda ketika harus berbicara di depan umum.

"Bayangkan, 74 persen orang di dunia mengalami yang namanya glossophobia, takut berbicara di depan umum. Ini yang sedang coba aku buang jauh-jauh dari cara berpikir kita (anak muda Indonesia) lewat Daffa Speaks," tutur Daffa.

Dalam memenuhi tujuan tersebut Daffa memiliki target untuk bisa membuat 1 juta anak muda Indonesia untuk mahir public speaking. "Target aku lewat Daffa Speaks adalah bisa memberikan impact kepada 1 juta anak muda untuk jago public speaking. Dari 1 juta itu aku harap mereka bisa kasih dampak positif serupa untuk 1 juta anak muda Indonesia lainnya," ujar Daffa.

Saat ini akun Daffa Speaks sudah diikuti oleh lebih dari 500 ribu pengguna di TikTok dan lebih dari 100 ribu akun di Instagram. Daffa juga berharap dari konten yang dibagikannya dapat menggugah semangat anak muda Indonesia untuk berani keluar dari zona nyaman dan sedikit demi sedikit mempelajari dan menguasai kemampuan public speaking.

Sebab bagi Daffa, kemampuan ini nantinya akan mengangkat Sumber Daya Manusia Indonesia di masa depan ke level yang lebih tinggi."Aku bahagia banget kalau dari apa yang aku bagikan di Daffa Speaks bisa membuat anak muda Indonesia bisa jauh lebih dipandang di tengah era globalisasi, karena memang itu niat aku untuk bantu angkat kualitas SDM kita," tutur dia.

"Public speaking itu seperti naik anak tangga. Pelan-pelan, yang penting konsisten. Itulah orang-orang yang bakal naik ke lantai 2 dengan selamat," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement