Rabu 19 Apr 2023 14:38 WIB

Ini Bukti Orang Indonesia Hobi Main Mobile Games

Indonesia menjadi pasar game mobile terbesar ketiga berdasarkan unduhan Google Play.

Para gamer Indonesia menghabiskan total 370 juta dolar AS untuk game mobile di tahun 2022, meningkat 50 juta dolar AS dari tahun 2021/ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Para gamer Indonesia menghabiskan total 370 juta dolar AS untuk game mobile di tahun 2022, meningkat 50 juta dolar AS dari tahun 2021/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pasar gamer Indonesia ternyata sangat besar. Menurut data.ai, penyedia analisis data mobile terkemuka, para gamer Indonesia menghabiskan total 370 juta dolar AS untuk game mobile di tahun 2022, meningkat 50 juta dolar AS dari tahun 2021.

"Riset kami menunjukkan bahwa minat terhadap game mobile masih sangat tinggi. Sebagai salah satu pasar terbesar untuk industri game mobile dengan lebih dari 3 miliar unduhan tahun lalu, terdapat peluang untuk pertumbuhan yang signifikan bagi pasar game di Indonesia. Industri gim di Indonesia yang dinamis ini akan terus mencetak pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun mendatang," ujar Lexi Sydow, Head of Insights at data.ai, dalam siaran pers, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Dengan jumlah unduhan game mobile yang turut meningkat 0,32 miliar dari tahun sebelumnya menjadi 3,45 miliar di tahun 2022 menjadikan Indonesia sebagai pasar game mobile terbesar ketiga berdasarkan unduhan Google Play.

Secara global, jumlah belanja konsumen untuk game mobile turun menjadi 110 miliar dolar AS pada tahun 2022. Hal ini dapat dikaitkan dengan dua tren yaitu resesi dan ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan peraturan tentang user targeting yang berdampak pada pendapatan para penerbit game mobile. 

Namun, menurut data selama kuartal pertama 2023, hal ini dapat menjadi koreksi jangka pendek dalam pola kenaikan jangka panjang, mengingat gamer mobile di dunia saat ini menghabiskan sekitar 1,64 miliar dolar AS dan mengunduh hampir 1,2 miliar game setiap minggunya. 

Meskipun angka-angka ini belum mencapai tingkat belanja konsumen di masa puncak pandemi, para gamer di seluruh dunia mengikuti tren untuk terus mengeluarkan uang melampaui total nominal belanja mobile game pada kuartal pertama 2020, atau naik hampir 30 persen dari masa sebelum pandemi.

Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang memberikan kontribusi terbesar terhadap tingkat belanja konsumen di dunia (berdasarkan unduhan Google Play) pada Q1 2023. Demikian pula pada iOS, performa teratas ditempati oleh AS, Cina, dan Jepang. Sedangkan Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan mengalami pertumbuhan terbesar dibandingkan dengan kuartal keempat 2022.

India dan Brasil memimpin sebagian besar aktivitas di Google Play dari segi jumlah unduhan, dengan Turki, Rusia, dan Irak mencatat pertumbuhan jumlah unduhan absolut terbesar dalam perbandingan kuartal ke kuartal. Pada iOS, pasar terbesar dipimpin oleh AS dan Cina, dengan AS, Turki, dan Rusia menambah jumlah unduhan terbanyak dibandingkan dengan kuartal empat 2022.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement