Rabu 19 Apr 2023 04:35 WIB

Deretan Artis yang Berjuang Melawan Kecanduan Seks

Seseorang dengan kecanduan seks mungkin memiliki pikiran seksual yang obsesif.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Kanye West. Kanye West menjadi salah satu selebritas yang berjuang melawan kecanduan seksual (ilustrasi).
Foto: EPA
Kanye West. Kanye West menjadi salah satu selebritas yang berjuang melawan kecanduan seksual (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutinitas aktivitas seksual yang berlebihan bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut mengidap kecanduan seks. Kecanduan seks dapat digambarkan sebagai kebutuhan dorongan atau paksaan melakukan tindakan seksual untuk mencapai jenis perbaikan yang diperoleh seseorang dengan gangguan alkohol dari minuman atau gangguan opioid.

Kecanduan seks tidak boleh disamakan dengan gangguan lain seperti pedofilia atau bestiality (tindakan seksual dengan menyetubuhi hewan). Kecanduan seks berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental, hubungan, kualitas hidup, dan keamanan seseorang.

Baca Juga

Apa saja gejala kecanduan seks?

Seseorang dengan kecanduan seks mungkin memiliki pikiran dan fantasi seksual yang obsesif dan kronis. Mereka mungkin asyik berhubungan seks, bahkan ketika hal itu mengganggu kehidupan sehari-hari, produktivitas, dan performa kerja.

 

Mereka mungkin memiliki hubungan kompulsif dengan banyak pasangan, termasuk orang asing. Terkadang, mereka juga merasa bersalah setelah berhubungan seks dan terpaksa berbohong untuk menutupi perilaku mereka. Berikut beberapa selebritas yang telah berjuang melawan kecanduan seks, dilansir Times of India, Selasa (18/4/2023):

1. Charlie Sheen​

photo
Charlie Sheen - (AP)

 

Aktor Charlie Sheen dari Two and a Half Men telah tidur dengan sekitar 5.000 wanita. Pada tahun 1995, dia mengklaim telah menghabiskan 53 ribu dolar AS untuk layanan seksual dari pekerja seks. Pada 2015, aktor tersebut secara terbuka mengumumkan bahwa dia telah positif HIV selama empat tahun.

2. Jada Pinkett Smith

photo
Jada Pinkett Smith - (EPA)

 

Jada Pinkett Smith mengungkapkan perjuangannya melawan kecanduan seks di sebuah episode "Red Table Talk". "Ketika saya masih muda, saya pasti berpikir saya memiliki semacam kecanduan seks, ya, semuanya bisa diperbaiki dengan seks,” kata Jada.

3. Russell Brand

photo
Russell Brand - (IST)

 

Dalam memoarnya berjudul My Booky Wook, Russell Brand menceritakan momen saat di rehabilitasi karena kecanduan seks yang mengancam kariernya. “Pada satu titik, sekitar lima tahun yang lalu, saya memiliki grup wanita yang terdiri dari sekitar 10 orang. Mereka ada untuk menjalani one night stand,” ujarnya.

4. Kanye West

photo
Rapper Kanye West. - ( EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS)

 

Dalam wawancara dengan Apple Music tahun 2019, Kanye West menceritakan pengalaman kecanduan seksnya. Saat berusia lima tahun, ayahnya meninggalkan majalah Playboy. Tak disangka itu memengaruhi hampir setiap pilihan yag dia buat selama sisa hidupnya.

“Dari usia lima tahun hingga sekarang, saya harus menghentikan kebiasaan itu dan muncul begitu saja di tempat terbuka seperti tidak apa-apa. Saat ibu saya meninggal, saya malah jatuh dalam kecanduan seks,” kata dia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement