Senin 17 Apr 2023 12:35 WIB

Libur Lebaran di Jakarta Saja, Ini Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi

Ada sejumlah ide liburan populer dalam kota saat libur Lebaran:

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta. Taman Margasatwa Ragunan tersebut masih menjadi tujuan wisata yang diminati warga Jakarta dan sekitarnya pada libur termasuk di masa Lebaran.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta. Taman Margasatwa Ragunan tersebut masih menjadi tujuan wisata yang diminati warga Jakarta dan sekitarnya pada libur termasuk di masa Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Momen Idul Fitri atau Lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah selesai bersilaturahmi, Anda bisa berwisata di daerah sekitar.

Jika Anda tinggal di daerah Jabodetabek, berikut ide liburan populer dalam kota saat libur Lebaran:

Baca Juga

1. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan memiliki sekitar dari 2.000 ekor satwa dan lebih dari 50 ribu pohon, yang membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman. Dilansir laman Ragunan Zoo, berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan berarti memasuki sebuah hutan tropis mini, yang di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati yang memiliki nilai konservasi tinggi dan menyimpan harapan untuk masa depan. Taman Margasatwa Ragunan terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 

 

2. Kota Tua

Kota Tua menampilkan berbagai bangunan Batavia atau kolonial tua. Anda bisa mengunjungi banyak museum dan belajar sejarah. Dilansir laman Wonderful Indonesia, Anda akan merasa seperti dibawa kembali ke abad ke-17 karena dikelilingi oleh bangunan bergaya kolonial Belanda yang kini telah diubah menjadi museum, kafe, dan galeri seni, yaitu, Museum Fatahillah, Kafe Batavia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Kantor Pos Kota dan Galeri Seni, Museum Bank Indonesia, Toko Merah. Kawasan Kota Tua berada di Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat.

 

3. Pantai Ancol

Wisata pantai di Jakarta Ancol menghadirkan pesona yang tidak ada habisnya. Dilansir laman Ancol.com, kawasan wisata terpadu ini memiliki beberapa pantai dengan pesona menawan yang beragam. Tidak heran jika tempat wisata ini terkenal sebagai ikon wisata di tengah kota yang ramai. Lokasi ini menawarkan wisata ria dan wahana taman bahari yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap sehingga pengunjung bisa menikmati waktu liburan dengan menyenangkan. Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi, Beach Pool (Lagoon), Pantai Festival, Pantai Marina, Ancol Beach City (ABC), Pantai Indah Ancol, Pantai Ria, Pantai Bende, Pantai Karnaval. Pantai Ancol terletal di Pademangan, Jakarta Utara.

 

4. KidZania Pacific Place

Anda pasti ingin tahu cita-cita si kecil, misalnya dokter, pemadam kebakaran, penyiar berita televisi, aktor, pegawai pajak? Semua bisa terwujud di //theme park// Kidzania Pacific Place. Dilansir laman Tiket.com, anak-anak bisa mempraktekkan langsung profesi impiannya di satu tempat sekaligus. Ada pemandu yang siap membimbing semua peserta. Yang membuat KidZania Jakarta berbeda dengan tempat rekreasi khusus anak lainnya adalah konsep kota mininya yang mengagumkan. "Kota Mini" ini diisi dengan bangunan, jalan raya, kendaraan, dan berbagai fasilitas lain layaknya sebuah kota metropolitan biasa. KidZania Pacific Place berlokasi di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan.

 

 

5. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen Nasional atau Monas yang merupakan landmark dari Kota Jakarta. Dilansir laman Jakarta-Tourism, Monas merupakan tempat bersejarah yang indah dan memiliki banyak arti. Hal menarik yang dapat ditemui di Tugu Monas, yaitu Relief Sejarah Indonesia, Ruang Kemerdekaan, Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan. Tugu Monas berlokasi di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement