Selasa 18 Apr 2023 13:05 WIB

Dua Festival di Jepang yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Hokkaido adalah Kastil Matsumae.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Turis berfoto bersama dengan latar bunga sakura yang sedang mengembang di Tokyo, Jepang.
Foto: AP
Turis berfoto bersama dengan latar bunga sakura yang sedang mengembang di Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Melancong ke luar negeri mungkin merupakan salah satu hal yang paling ditunggu. Bagi Anda yang ingin menikmati libur lebaran dengan bepergian ke luar negeri, yakni Jepang, ada dua festival yang bisa Anda kunjungi .

Dilansir dari Japan Cheapo, Jumat (14/4/2023), tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Hokkaido adalah Kastil Matsumae. Tempat ini juga satu-satunya kastil di Hokkaido dan yang paling utara di Jepang.

Baca Juga

Festival Bunga Sakura Matsumae berlangsung dari 22 April hingga 2 Mei 2023. Pohon sakura di sini berjumlah lebih dari 10.000 pohon. Jumlah tersebut mewakili sekitar 250 varietas yang mekar berturut-turut selama sebulan—mulai dari Somei Yoshino pada akhir April hingga Kenrokuen kikuzakura dengan banyak kelopak pada akhir Mei.

Untuk tahun ini, bunga sakura akan diterangi. Ini sebagai bagian dari proyek penggalangan dana. 

Kemudian pada 29 April sekitar pukul 10.30 waktu setempat, sejenis kesenian rakyat tradisional bernama kagura akan dipertunjukkan di atas panggung. Panggung itu didirikan di halaman kastil.

Bagi pengunjung yang ingin melihat sakura, taman di sekitar pekarangan kastil bebas untuk dimasuki. Tetapi masuk ke kastil (rekonstruksi) dikenakan biaya perawatan sebesar 360 yen atau sekitar Rp 39.834 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak.

Matsumae terletak di ujung paling selatan Hokkaido, Untuk mencapai ke sana, stasiun kereta terdekat adalah Kikonai, yang merupakan perhentian pertama Shinkansen Hokkaido setelah kereta muncul dari Terowongan Seikan yang menghubungkan Honshu dan Hokkaido.

Di Stasiun Kikonai, pengunjung perlu mengambil bus 521, 522, atau 523 menuju Matsumae. Lama perjalanannya adalah 90 menit.

Biaya yang dibutuhkan untuk naik bus adalah 1.300 yen atau sekitar Rp 143.873 dan bus berangkat sekitar satu jam sekali. Selanjutnya, turun di halte bus Matsujo.

Dari halte bus Matsujo, pengunjung bisa berjalan kaki 10 menit lagi ke pekarangan kastil. Selain menggunakan bus, Anda juga bisa mencapai tempat ini dengan mobil, tetapi perhatikan bahwa akan ada penutupan jalan di sekitar kastil.

Selain itu, festival bunga lainnya yang bisa dikunjungi adalah Festival Fuji Shibazakura di Prefektur Yamanashi. Festival ini berlangsung dari 15 April-28 Mei 2023 pukul  08.00 hingga pukul 16.00 waktu setempat.

Shibazakura adalah nama Jepang dari bunga Moss phlox. Shibazakura secara kasar diterjemahkan menjadi “ceri rumput”. Ketika mekar penuh, shibazakura menciptakan pemandangan bunga merah muda yang menyaingi kemegahan sakura.

Festival Fuji Shibazakura berlangsung di Resor Fuji Motosuko, dekat kaki Gunung Fuji. Ada 800.000 tanaman dikemas dalam 2,4 hektare. Dengan begitu, festival ini hanya menjanjikan pemandangan paling spektakuler dari sejumlah varietas phlox subulata, yang terletak di danau kecil (yang, menurut legenda, adalah rumah bagi naga jinak), dengan latar belakang landmark Jepang paling terkenal (Gunung Fuji).

Kemudian, ada juga area memetik teh dan tempat berendam kaki. Ini ditempatkan secara strategis sehingga Anda dapat merendam kaki sambil melihat pemandangan pada saat yang bersamaan.

Sayangnya, tidak ada terpal untuk piknik yang diizinkan. Namun, ada bangku dan restoran di lokasi, dan juga akan ada truk makanan khusus untuk Festival Fuji Shibazakura. Suguhan yang dijanjikan termasuk ayam goreng yang dibuat agar terlihat seperti batu lava Gunung Fuji dan yakisoba (mie goreng) dengan ebi sakura merah muda cantik (secara harfiah berarti “udang bunga sakura”).

Berikutnya, harga tiket untuk tahun ini berfluktuasi sepanjang acara:

15-21 April: Orang dewasa dikenai biaya 1.000 yen (sekitar Rp 110.655) dan anak-anak berusia 3-12 tahun dikenai biaya 400 yen (sekitar Rp 44.262).

22 April-14 Mei: Orang dewasa dikenai biaya 1.200 yen (sekitar Rp 132.823) dan anak-anak berusia 3-12 tahun dikenai biaya 600 yen (sekitar Rp 66.420).

15-28 Mei: Orang dewasa dikenai biaya 1.000 yen (sekitar Rp 110.655) dan anak-anak berusia 3-12 tahun dikenai biaya 400 yen (sekitar Rp 44.262).

Di bawah tiga tahun gratis.

Anda bisa mendapatkan diskon 200 yen (sekitar Rp 22.140)  jika Anda membeli tiket terlebih dahulu secara daring.

 

Cara ke Festival Fuji Shibazakura

Danau Motosuko adalah bagian dari Lima Danau Fuji, area resor luar ruangan di kaki Gunung Fuji. Sementara itu, Kawaguchiko merupakan pusat transportasi utama untuk area ini, dengan jaringan bus dan kereta yang mudah menuju Tokyo.

Dari Stasiun Kawaguchiko, bus antar-jemput akan berangkat langsung ke tempat festival kira-kira setiap setengah jam. Biayanya untuk dewasa/anak 2.350 yen (sekitar Rp 260.162) /1.150 yen (sekitar Rp 127.313)  pulang pergi, dan ini juga mencakup tiket masuk ke festival. Tiket dapat dibeli secara daring.

Jika tidak ingin mengkhawatirkan transportasi lokal tetapi ingin berkemas banyak, Anda bisa memesan tur satu hari dari Tokyo yang mencakup memetik stroberi, tiket masuk ke Festival Fuji Shibazakura, perjalanan ke desa tradisional Saiko Iyashi no Sato, dan Danau Yamanakako.

Perhatikan bahwa area tersebut berada di kawasan dataran tinggi dan masih bisa terasa dingin di bulan April, jadi pengunjung disarankan memeriksa cuaca sebelum pergi. Festival tidak akan tutup jika hujan.

Penyelenggara acara merekomendasikan untuk memakai sepatu yang nyaman dan fungsional serta tidak diperkenankan membawa hewan peliharaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement