Ahad 23 Apr 2023 20:32 WIB

Jaga Kadar Gula Darah, Ini Buah-buahan yang Tepat

Ada buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan dan atau menjaga kadar gula darah.

Buah kiwi dapat mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.
Foto: Pixabay
Buah kiwi dapat mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Asupan kalori selama Lebaran biasanya meningkat. Di sisi lain, asupan serat seperti buah dan sayur biasanya berkurang. Agar terhindar dari ancaman penyakit akibat konsumsi makanan berlebih, ada baiknya Anda mulai menyantap buah dan sayur lebih banyak. 

Untuk mempertahankan atau menjaga kadar gula dalam darah, Anda yang berisiko atau sedang mengatasi diabetes perlu memperhatikan buah apa saja yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut deretan buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan dan atau menjaga kadar gula darah:

Baca Juga

 

Stroberi

Delapan buah stroberi berukuran sedang (100 gram) mengandung sekitar enam gram karbohidrat. Stroberi diketahui dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik), menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker.

 

 Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang (70 gram), mengandung sekitar delapan gram karbohidrat. Kiwi kaya akan vitamin C dan serat makanan. Buah asam ini juga dapat mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.

 

Plum

Satu buah plum berukuran sedang (65 gram) mengandung sekitar tujuh gram karbohidrat. Plum dikemas dengan nutrisi untuk menurunkan peradangan, membantu sembelit, mengurangi gula darah, dan banyak lagi.

 

Persik atau peach

Satu buah persik berukuran sedang (150 gram) mengandung 13 gram karbohidrat. Dikenal sebagai apel Persia, buah persik sangat bagus untuk pencernaan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kaya akan beta karoten dan vitamin C untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Buah persik juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

 

Melon

Satu cangkir melon (160 gram) mengandung sekitar 11 gram karbohidrat. Sangat menghidrasi, melon rendah karbohidrat, penuh dengan elektrolit, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement