Bosan Makanan Lebaran? Coba Masak Ayam Panggang Tandoori

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari

Ahad 23 Apr 2023 18:11 WIB

Ayam panggang tandoori Foto: bbcgoodfood.com Ayam panggang tandoori

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Hidangan seperti rendang, opor ayam, ketupat dan lain-lain biasanya memenuhi meja makan saat Hari Raya Idul Fitri. Untuk sesuatu yang berbeda Anda bisa membuat hidangan asal India, yaitu ayam panggang Tandoori.

Waktu memasak hidangan ini adalah satu jam 45 menit (ditambah marinasi). Dengan resep yang dilansir dari BBC Good Food, ayam panggang Tandoori ini bisa untuk empat sampai enam porsi.

Baca Juga

Bahan-bahan:

1.1,8 kg ayam.

2.Dua bawang bombay, iris tebal.

3.Satu lemon, dibelah dua.

4.Jahe seukuran ibu jari, kupas dan iris tebal.

5.400gr kaleng santan.

6.Seikat kecil ketumbar, cincang kasar.

 

Untuk bumbunya:

1.150ml pot yogurt alami.

2.Satu sendok makan pure tomat.

3.Jus satu lemon.

4.Satu sendok teh masing-masing bubuk cabai pedas, kunyit, ketumbar bubuk, jintan bubuk, garam masala, dan kayu manis bubuk.

5.Enam siung bawang putih, ditumis hingga menjadi pasta bersama jahe.

6.Setengah ruas jari jahe, ditumis hingga menjadi pasta bersama bawang putih.

7.Beberapa tetes pewarna makanan merah (opsional).

 

Cara memasak:

Langkah satu

Campur bahan marinasi dengan dua sendok teh garam dan satu sendok teh lada hitam. Belah kaki ayam beberapa kali, lalu olesi bumbunya ke seluruh bagian, termasuk di bawah kulit dada. Rendam dalam lemari es hingga 24 jam.

 

Langkah kedua

Panaskan oven dengan 200C/180C. Selanjutnya, masukkan bawang bombay, potongan lemon dan jahe ke dalam loyang. Letakkan ayam di atasnya dan panggang selama 1,5 jam atau sampai cairan paha menjadi jernih saat dites dengan tusuk sate.

 

Langkah ketiga

Saat ayam sudah matang, angkat dari loyang. Taruh di piring baru, tutup dengan longgar dengan kertas timah dan biarkan.

Keluarkan jahe dari kaleng dan buang. Keruk bagian tengah lemon yang tadi dipanggang ke dalam food prosessor, tambahkan bawang bombay dan jus alami dari ayam yang dipanggang tadi, dan haluskan menjadi pure.

Keruk pure kembali ke dalam kaleng dan taruh di atas kompor. Aduk santan dan bergelembung perlahan. Keruk setiap potongan ayam yang menempel. Anda bisa menambahkan sedikit air jika sausnya terlalu kental. Aduk ketumbar dan sajikan dengan ayam.

 

Saran penyajian

Anda bisa menyajikan ayam berbumbu India ini dengan nasi basmati atau kentang panggang pedas dan sayuran hijau atau coleslaw ala India.

 

Terpopuler