Senin 10 Apr 2023 09:20 WIB

Agar Ruang Sempit Terkesan Luas, Ini Kiatnya

Teknik pencahayaan yang tepat dapat memberi efek visual positif pada rumah milenial.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aneka produk lampu LED in-Lite
Foto: Umi Nur Fadhilah/Republika
Aneka produk lampu LED in-Lite

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rumah minimalis bisa disiasati menjadi lebih luas dan nyaman dengan pencahayaan ruangan. Produk dan teknik pencahayaan yang tepat dapat memberikan efek visual positif pada rumah milenial.

General Marketing Manager in-Lite LED, Fransiska Darmawan mengatakan ada orang banyak yang memilih tinggal di hunian dengan konsep compact living, karena sangat efisien, mudah dirawat, serta lebih ramah di kantong. Dalam situasi ini, penting memaksimalkan fungsi setiap ruangan. Kehadiran lampu merupakan kebutuhan setiap hati, tetapi fungsinya sebagai elemen dari dekorasi hunian kerap terabaikan.

Baca Juga

“Anda dapat menerapkan teknik layered lighting dengan mengombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spotlight, dan decorative light,” kata Fransiska dalam media briefing bertajuk the Perfect Lighting Recipe for Your Home di Jakarta Selatan.

Beberapa jenis lampu yang dapat dikombinasikan, yaitu downlight sebagai penerangan utama, lampu spotlight, dan strip light sebagai unsur dekoratif. Anda dapat menggunakan warna warm white dipadukan dengan jenis ornamen, material furnitur, dan warna dinding yang cerah guna menciptakan kesan luas dan rapi di hunian. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lampu jenis panel yang tipis dengan warna warm white untuk memberikan kesan luas bagi rumah yang memiliki jarak plafon dan lantai pendek.

Product Development Manager in-Lite LED, Gatot Sulistyo Aji mengungkapkan masyarakat perlu memperhatikan jumlah lumen dan renderasi warna (CRI) dalam memilih produk lampu LED, guna menciptakan suasana yang nyaman sekaligus hemat energi. Dengan menggunakan lampu yang memiliki tinggi lumen cukup, ruangan akan terlihat terang dan nyaman tanpa harus menggunakan banyak lampu yang membutuhkan lebih banyak energi.

Sedangkan, CRI yang akurat akan memberikan pencahayaan merata dan menampilkan warna lebih akurat. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda dapat memilih produk lampu yang sesuai kebutuhan dan membantu menghemat energi, serta mengurangi biaya tagihan listrik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement