Rabu 05 Apr 2023 17:02 WIB

Lahir dengan Operasi Caesar, Bayi Lebih Rentan Alergi, Imunitasnya Rendah

Perbedaan jalur lahir memengaruhi komposisi mikrobiota saluran cerna.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi baru lahir (ilustrasi). Bayi yang lahir dengan operasi caesar mengalami ketidakseimbangan mikrobiota dalam ususnya. Jumlah bakteri baiknya lebih sedikit dan bakteri merugikan lebih banyak.
Foto:

Dokter Ariani menjelaskan operasi caesar saat ini sangat banyak terjadi dan ini dapat memengaruhi kualitas hidup anak. Menurutnya, anak yang lahir dengan operasi caesar selain flora ususnya lebih tidak variatif, komunitas bakteri mirip mikrobiota kulit dan kolonisasi ususnya terlambat, tidak punya banyak tempat untuk berkembang.

"Akibatnya, anak alergi makanan, diabetes tipe 1, asma, dan alergi atopik," ujarnya.

Jika sudah telanjur caesar, maka yang bisa dilakukan memperbaiki mikrobiota usus. Bayi lahir caesar harus cepat diberikan Air Susus Ibu (ASI) dengan inisiasi menyusu dini (IMD) dan diupayakan pemberian ASI sebisa mungkin untuk selanjutnya.

Jangan lupa lakukan konseling laktasi dan melahirkan di rumah sakit yang sayang ibu dan bayi sehingga bayi dapat ASI optimal. Jika bayi tidak bisa dapat ASI, maka bisa diberikan suplementasi probiotik dan prebiotik sehingga dapat asupan bakteri baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement