Selasa 04 Apr 2023 15:13 WIB

Infeksi 4 Virus Sekaligus Bisa Jadi Penyebab Hepatitis Akut Misterius yang Menyerang Anak

Kasus hepatitis akut misterius sempat mengusik anak-anak di Amerika Serikat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Peneliti menemukan sejumlah anak yang mengalami penyakit hepatitis akut misterius terinfeksi beberapa jenis virus sekaligus.
Foto:

Pada usia kritis ini, perkembangan kekebalan anak terganggu selama dua tahun. Salah satu konsekuensi yang tidak diinginkan dari pandemi Covid-19 adalah sekarang ada populasi anak-anak yang kekebalannya telah berubah.

Chiu menganjurkan agar selalu waspada terhadap kemungkinan bahwa dunia mungkin melihat manifestasi penyakit yang tidak biasa, seperti hepatitis, di masa depan. Kasus yang terkait dengan wabah baru-baru ini memang tampaknya berkurang.

Akan tetapi, Dr Amy Feldman selaku direktur medis Transplantasi Hati Pediatri di Children's Hospital Colorado di Colorado Springs, mengatakan dia melihat ada "segelintir" kasus gagal hati yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya setiap tahun. Timnya sekarang telah menambahkan skrining adenovirus untuk pasien anak dengan peradangan hati.

"Memahami penyebab potensial dari kasus tersebut dapat membantu dokter lebih memahami bagaimana mencegah dan bagaimana mengobatinya," kata Feldman.

Feldman juga menyebut bahwa sangat penting untuk menghentikan penyebaran kuman. Semakin sering orang mencuci tangan maka itu semakin baik untuk kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement