Selasa 04 Apr 2023 12:18 WIB

Lokasi Syuting Film Buya Hamka: Dibikin 30 Hari, Dipakainya Hanya Tujuh Hari

Sutradara film Buya Hamka mengaku puas dengan hasil set syuting.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Set syuting film Buya Hamka. Butuh waktu lama untuk membangun set film tersebut.
Foto: Falcon Pictures
Set syuting film Buya Hamka. Butuh waktu lama untuk membangun set film tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Buya Hamka yang akan tayang menjelang Lebaran 2023 memakan biaya produksi yang sangat besar. Salah satu peruntukan biaya itu adalah pembangunan set syuting, surau, dan kincir air untuk kebutuhan adegan.

Sutradara film Buya Hamka, Fajar Bustomi, mengungkapkan, butuh waktu lama untuk membangun set film tersebut. "Lokasi ini dipersiapkan selama 30 hari, yang digunakan untuk masa syuting selama sekitar tujuh hari," kata Fajar melalui pernyataan resminya.

Baca Juga

Ada sejumlah kendala yang dialami tim saat membangun set film di Payakumbuh, Sumatra Barat, tersebut. Salah satunya adalah air sungai yang deras sehingga membuat poros kincir bergeser. Saat syuting, crew art harus menyelam dan memutar kincir secara manual.

Akan tetapi, Fajar mengaku puas dengan hasilnya. Terlebih, lokasi pembangunan set film berada di kawasan dengan pemandangan perbukitan yang indah, mendukung sudut pengambilan gambar yang akan memanjakan mata para penikmat film.

Pada lokasi tersebut, adegan yang diambil adalah saat Buya Hamka masih belia. "Pada masa inilah Hamka belajar mengaji dan belajar pencak silat. Saat itu, Hamka berusia belasan tahun," kata Fajar.

Dalam film, Buya Hamka diperankan oleh Vino G Bastian. Dia beradu akting dengan Laudya Chintya Bella, Dessy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, dan banyak pemeran lainnya. Film biopik Buya Hamka hadir di bioskop mulai 20 April 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement