Senin 03 Apr 2023 06:28 WIB

Suga BTS Rilis Album Solo Resmi Pertama D-DAY pada 21 April 2023

Suga BTS berencana comeback dengan album solo resmi pertamanya D-DAY pada akhir bulan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Suga BTS. Pembelian tiket konser Suga di Indonesia dimulai pada 27 Maret 2023.
Foto: Instagram/@agustd
Suga BTS. Pembelian tiket konser Suga di Indonesia dimulai pada 27 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi rap Suga BTS sedang mempersiapkan musik baru. Label Bighit Music mengumumkan bahwa Suga BTS berencana comeback dengan album solo resmi pertamanya D-DAY pada akhir bulan ini.

Rapper bernama lahir Min Yoon-gi itu akan merilis album baru pada 21 April 2023 pukul 13.00 waktu Korea. “D-DAY 2023.4.21 1PM (KST) | 0 AM (EST),” tulis Bighit Music dilansir Soompi, Senin (3/4/2023).

Album ini akan menandai angsuran terakhir dalam trilogi Agust D Suga, yang dimulai dengan mixtape-nya Agust D dan D-2. Selain itu, album D-DAY akan mengeksplorasi perjalanan Suga sebagai Agust D. D-DAY akan menawarkan gambaran intim tentang hidup pribadi penyanyi rap kelahiran 9 Maret 1993 itu sebagai seorang seniman.

Pelantun “Daechwita” itu akan mengeluarkan lagu pra-rilis pada 7 April 2023, menjelang perilisan album tersebut.

Setelah perilisan album, Suga BTS akan memulai tur solo pertamanya, yang akan dimulai di Amerika Serikat pada 26 April 2023. Suga mengadakan lima pertunjukan di Amerika Serikat, yaitu Belmont Park, Newark, Rosemont, Los Angeles, dan Oakland.

Selanjutnya, Suga berpidah ke Asia dengan menggelar pertunjukkan di tiga tempat pada Mei 2023. Suga memulai tur Asia di Indonesia, Bangkok, Singapura. Kemudian, Suga akan mengadakan konser dua malam di Jamsil Indoor Stadium Seoul, Korea Selatan pada 24 dan 25 Juni 2023.

Pada akhir bulan lalu, Suga baru saja merilis film dokumenternya sendiri berjudul SUGA: Road to D-DAY. Dalam trailernya, Suga mengajak pemirsa melakukan perjalanan darat melintasi berbagai kota, termasuk Seoul, Tokyo, Las Vegas, Malibu, San Francisco, dan banyak lagi.

“Aku beri tahu, ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya melakukan ini. Aku bahkan belum mencobanya di Korea,” kata Suga dalam trailernya. Film dokumenter baru Suga SUGA: Road to D-DAY tayang perdana di seluruh dunia di Weverse dan Disney+.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement