Sabtu 01 Apr 2023 10:00 WIB

Bos Marvel Entertainment Dipecat, Dianggap 'Kacaukan' Film Superhero MCU?

Sosok CEO Marvel Entertainment dikenal sebagai sosok yang kontroversial.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film Avengers produksi Marvel. CEO Marvel Entertainment, Issac
Foto: MCU.
Poster film Avengers produksi Marvel. CEO Marvel Entertainment, Issac

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disney baru-baru ini menjalani rutinitas perampingan karyawan untuk memangkas biaya. Langkah Disney memberhentikan sebagian besar staf tampaknya telah menjadi bagian penting dari kampanye itu.

Bukan hanya pekerja biasa yang mengalami hal ini, tetapi mereka yang berada di posisi paling atas juga. Dilansir laman Movie Web pada Sabtu (1/4/2023), CEO Marvel Entertainment, Issac "Ike" Perlmutter, secara resmi dipecat.

Baca Juga

Marvel baru-baru ini mengalami sedikit "rollercoaster" yang tidak stabil ketika datang rilis sinematik terbarunya. Ada banyak yang berpendapat bahwa Perlmutter adalah individu yang sangat kontroversial yang berkali-kali memengaruhi Marvel Cinematic Universe (MCU) ke arah yang salah.

Pertama-tama, Perlmutter terkenal sebagai sosok kejam, kejam yang digerakkan oleh keuntungan. Ironisnya, pemotongan biaya yang ekstrem dan pendekatannya yang sangat bias terhadap keputusan bisnis merupakan faktor besar dalam menyelamatkan Marvel dari kebangkrutan bertahun-tahun yang lalu pada 1997. Setelah Disney bergerak maju untuk mengakuisisi Marvel setelah film Iron Man (2008), Perlmutter masih memegang kendali erat semua yang Marvel produksi.

Disney jelas ingin mengurangi pengeluarannya saat mengonfigurasi ulang dan mengkonsolidasikan bisnisnya. Kemungkinan besar pemecatan Perlmutter lebih dari sekadar satu alasan. Dia dianggap telah mengembangkan reputasi yang agak buruk selama dekade terakhir di antara orang-orang di Marvel Studios, terutama dengan Kevin Feige.

Utamanya setelah email bocor di Sony Entertainment pada 2015. Perlmutter menjadi terkenal karena sikapnya yang seksis, homofobik, dan rasis, setidaknya dalam hal apa yang dia izinkan untuk diproduksi oleh Marvel. Ternyata dia adalah titik konflik utama dalam film-film seperti Black Panther (2018), Captain Marvel (2019), dan Black Widow (2021).

Saat Feige ingin mendorong setidaknya satu dari proyek itu lebih cepat, Perlmutter berpendapat bahwa film superhero dengan pemeran utama wanita atau orang kulit berwarna tidak akan berhasil dengan baik. Dia menolak untuk memproduksi salah satu dari film-film itu. Pada saat yang sama, dia mendorong agar Feige dipecat sehingga dia dapat mengambil kendali penuh atas Marvel Studios juga.

Ini semua menjelaskan mengapa Black Widow dan Captain Marvel muncul pada titik-titik yang agak tidak biasa dalam alur cerita utama MCU. Brie Larson sebagai Carol Danvers, karakter yang sangat kuat dan integral dalam perang melawan Thanos, pertama kali muncul dalam adegan after-credit di Avengers Infinity War (2018).

Film asalnya, Captain Marvel, datang pada tahun berikutnya, dan dirilis di bioskop hampir sebulan sebelum film Avengers Endgame (2019) yang monumental. Hal itu hampir tidak memberikan waktu bagi penonton untuk menyerap induksinya ke MCU.

Yang lebih aneh lagi adalah film Black Widow yang keluar dua tahun penuh setelah kematian Natasha di Endgame, tepat setelah puncak pandemi yang sempat menutup industri film. Waktu keduanya jelas tidak dieksekusi dengan baik, tetapi setidaknya sekarang tampaknya ada alasan yang jelas mengapa. Dengan keluarnya Perlmutter, mungkin ada pergeseran ke arah yang lebih positif untuk MCU, yang jelas dibutuhkan saat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement