Jumat 31 Mar 2023 08:48 WIB

Pepsi Pangkas Takaran Gula Alami, Pakai Pemanis Buatan demi Hindari Pajak Gula

Sekaleng Pepsi 300 ml awalnya memiliki kandungan gula 36 gram.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pepsi. Pepsi mengubah resep minuman sodanya, sebagian konsumen mengaku tak menyukai rasa baru tersebut. Kandungan gula alami Pepsi telah dikurangi dan ditambahkan pemanis buatan.
Foto:

Di Twitter, Chris Foot dalam akunnya @chrissfoot mengungkapkan keheranannya karena Pepsi menggunakan pemanis.

"Sejak kapan #pepsi biasa memiliki pemanis? Salah satu minuman ringan terakhir yang masih bisa saya nikmati sekarang pun rusak juga. Sepertinya Coca-Cola Classic adalah benteng terakhir yang tersisa dari gula alami yang sebenarnya," ujar dia.

"Sepertinya Pepsi reguler di UK mengubah resep minuman regulernya, mengurangi takaran gula lalu menambahkan pemanis buatan, entah kenapa, kan mereka punya versi diet dan Pepesi Max? Yang jelas, rasanya nggak enak, nggak mau beli lagi, padahal tadinya itu minuman favorit saya," kata warganet bernama Bekah lewat akun Twitter @I_Am_No_Jedi.

Dengan formula baru ini berarti Pepsi terbebas dari Pajak Gula yang diberlakukan Pemerintah Inggris pada April 2018. Menurut The Institute for Government, tidak ada retribusi untuk minuman ringan yang mengandung gula kurang dari lima gram per 100 ml.

Data dari Insitute itu memperkirakan pajak tersebut telah mengakibatkan lebih dari 50 persen produsen mengurangi kandungan gula pada produknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement