Jumat 31 Mar 2023 15:57 WIB

Yuk, Ikut Kompetisi Astranauts, Hadiah Ratusan Juta Menanti

Kompetisi digital ini menarik bagi usaha rintisan dan mahasiswa di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
  Kompetisi inovasi digital Astranauts menargetkan usaha rintisan dan mahasiswa./ilustrasi
Foto: VOA
Kompetisi inovasi digital Astranauts menargetkan usaha rintisan dan mahasiswa./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kehidupan saat ini telah banyak bergantung pada dunia digital. Karena itulah inovasi digital dan teknologi dinilai perlu terus didukung sebagai bagian dari program Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Astranauts bisa menjadi ajang pengembangan inovasi di bidang digital dan teknologi yang menarik bagi usaha rintisan dan mahasiswa di Indonesia. Pada pelaksanaan tahun kedua ini, Astranauts mengangkat tema “Building A Sustainable Future Through Technology”.

Baca Juga

Kompetisi ini mencari inovasi di bidang keberlanjutan, lalu edu-tech, emerging tech, kesehatan, bisnis pertanian, teknologi finansial, logistik, serta media dan hiburan.

Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto mengatakan target peserta Astranauts adalah seluruh rintisan dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di tanah air. Astra menginisiasi Astranauts untuk mendukung perkembangan inovasi digital sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu berkelanjutam.

“Hal ini sejalan dengan tujuan Astra untuk membangun keberlanjutan bisnis untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto di Jakarta.

Peserta dari kategori rintisan harus sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP), dan product traction. Peserta dari kategori mahasiswa, dapat mengajukan ide yang belum diimplementasikan dan belum dikomersialisasikan.

Rangkaian seleksi awal dimulai dari sesi preliminary round, di mana akan dipilih sepuluh finalis dari jalur rintisan dan mahasiswa. Semua finalis kemudian akan mendapatkan sesi pembimbingan dari para ahli di bidangnya.

Para finalis terpilih akan mempresentasikan rintisan atau ide bisnis mereka dalam sesi Demo Day, dan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023. Selanjutnya, akan diadakan Astranauts Conference pada 8 Juni 2023, dengan berbagai topik menarik dan pembicara ahli di bidangnya.

Astranauts 2023 berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta berbagai mitra lainnya. Para pemenang Astranauts 2023 kategori startup dan mahasiswa akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total ratusan juta rupiah. Selain itu, mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra (Astra Startup Community).

“Penyelenggaraan Astranauts dalam mengembangkan ekosistem digital dan tekonologi untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” lanjut dia.

Kompetisi ini membuka pendaftaran mulai dari 8 Maret hingga 30 April 2023. Pendaftarannya dapat diakses melalui situs https://astranauts.astradigital.id.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement