Kamis 30 Mar 2023 18:12 WIB

Cara Atasi Rasa Malu yang Toxic

Ada enam cara untuk mengatasi rasa malu yang beracun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rasa malu yang toxic alias beracun dapat merusak kesejahteraan hidup jika tidak ditangani.  /ilustrasi
Foto: omgtoptens.com
Rasa malu yang toxic alias beracun dapat merusak kesejahteraan hidup jika tidak ditangani. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Rasa malu yang toxic alias beracun dapat merusak kesejahteraan hidup jika tidak ditangani. Ini bisa sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental jika berlangsung terlalu lama. Kemudian berkembang menjadi masalah nyata, tapi bisa diperbaiki.

Seseorang selalu dapat mengatasinya dengan membawa diri ke jalan menuju rasa harga diri yang lebih positif. Berikut enam cara untuk mengatasi rasa malu yang beracun, seperti dikutip dari laman Cnet, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

 

1.Sebutkan apa yang Anda rasakan

Anda mungkin telah menyadari bahwa Anda merasa rendah diri, jadi sekarang saatnya untuk menyadari sepenuhnya sehingga dapat melupakannya. Membuat jurnal bisa sangat membantu dan di kemudian hari, Anda bisa memahami hal yang terjadi di sekitar maupun perasaan yang telah dilalui.

 

2. Identifikasi pemicunya

Setelah memulai jurnal perasaan dan memiliki rutinitas menulis yang baik, mulailah mencari pemicu apa pun. Mungkin akibat orang atau situasi tertentu. Tuliskan kesedihan dari hal itu dan bagaimana perasaan Anda. Saat melihat sebuah pola, Anda akan dapat mengidentifikasi pemicu untuk mengetahui cara menanganinya dengan lebih baik.

 

3. Beri kasih sayang ke diri sendiri

Tidak selalu mudah untuk menghilangkan rasa malu yang beracun. Tetapi tidak apa-apa karena itu berkaitan dengan proses. Anda juga bisa mencoba terbuka kepada seseorang yang akan mendukung Anda. Memberikan belas kasih kepada diri sendiri akan membantu Anda mengatasi rasa malu yang beracun.

 

4. Gunakan kesadaran untuk terhubung dengan diri sendiri

Meditasi dan perhatian selalu dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap tenang dan positif. Meditasi dapat membantu meringankan stres dan perasaan negatif. Cobalah memulai hari dengan meditasi untuk mendapatkan awal yang positif, lalu latih mindfulness sepanjang hari.

 

5. Pertanyakan pikiran negatif otomatis

Alih-alih mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak cukup baik, katakan Anda sudah cukup. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda layak, bahkan jika diri sendiri merasa itu tidak benar. Kemudian apresiasi diri sendiri atas sesuatu yang dicapai hari itu, meskipun kecil, namun patut dibanggakan.

 

6. Meminta bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan jika membutuhkannya. Namun juga berhati-hatilah untuk terbuka kepada seseorang yang akan memberikan pengaruh positif bagi Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement