Senin 27 Mar 2023 09:06 WIB

Studi Ungkap Merek Vaksin Booster Terbaik untuk Tekan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Peneliti Inggris-AS ungkap vaksin booster terbaik dengan bandingkan Pfizer-Moderna.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang petugas kesehatan Indonesia menunjukkan botol vaksin Moderna dalam program vaksinasi booster Covid-19 di Jakarta, 2 Agustus 2022. Ilmuwan Inggris-AS membandingkan keandalan vaksin booster Pfizer dan Moderna dalam melindungi penerimanya dari risiko kematian akibat Covid-19.
Foto:

Peneliti juga mengeklaim bahwa studi observasional ini menjadi yang pertama kali dilakukan terhadap keparahan gejala Covid-19. Mereka memperkirakan bahwa mRNA-1273 memberikan perlindungan yang lebih baik daripada BNT162b2.

Perlindungan itu tampak pada orang yang positif SARS-CoV-2 dan, khususnya, masuk rumah sakit terkait Covid-19 dalam 20 pekan pertama setelah menerima dosis ketiga. Sementara itu, rasio bahaya spesifik periode menunjukkan bahwa manfaat ini sebagian besar terbatas pada 10 pekan pertama.

"Estimasi tampaknya secara luas serupa, terlepas dari usia, kerentanan klinis, dan apakah ada bukti infeksi sebelumnya. Yang terpenting, tim menekankan bahwa hasil penelitian ini semakin mendorong orang untuk menerima vaksin Pfizer," kata peneliti .

Peneliti menegaskan bahwa kedua vaksin tersebut aman dan sangat efektif melawan infeksi dan Covid-19 dibandingkan dengan tanpa booster.

"Temuan dari penelitian ini juga seharusnya tidak menghalangi orang untuk menerima vaksinasi booster BNT162b2 jika ditawarkan," kata peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement