Ahad 26 Mar 2023 10:40 WIB

Cara Mudah Berburu Tiket Pesawat Murah

Ada trik yang bisa membantu untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa trik yang bisa membantu untuk mendapatkan tiket pesawat yang relatif lebih murah saat membeli secara daring/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Ada beberapa trik yang bisa membantu untuk mendapatkan tiket pesawat yang relatif lebih murah saat membeli secara daring/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berburu tiket pesawat menjadi salah satu hal penting bagi calon pelancong yang merencanakan liburan. Berikut beberapa trik yang bisa membantu untuk mendapatkan tiket pesawat yang relatif lebih murah saat membeli secara daring, dikutip dari laman Gadgets Now, Ahad (26/3/2023).

Hindari musim puncak liburan

Jika memungkinkan, carilah tiket yang tidak bertepatan dengan musim puncak liburan seperti akhir pekan atau hari libur nasional. Ini memang tidak selalu memungkinkan, namun di musim puncak liburan sudah jadi pengetahuan umum bahwa harga tiket jauh lebih tinggi.

Baca Juga

 

Hindari waktu penerbangan siang hari

Apabila waktu perjalanan lebih fleksibel, hindari memilih penerbangan di jam sibuk dan di pagi/siang hari karena relatif lebih mahal. Namun, terkadang penerbangan awal pagi malah dijual dengan harga murah, jadi, calon pelancong perlu memeriksa tarif sepanjang hari.

 

Tidak saklek menetapkan tanggal

Saat mencari tiket pesawat, coba perluas pencarian dengan bersikap fleksibel dengan tanggal liburan yang direncanakan. Terkadang, mencoba memeriksa harga penerbangan sehari sebelum atau sesudah tanggal yang semula ditetapkan bisa membuat seseorang mendapat tiket pesawat yang relatif lebih murah.

 

Gunakan mode penyamaran

Sebagian besar maskapai penerbangan dan platform pemesanan tiket penerbangan daring melacak pola dan data pencarian pengguna melalui cookie browser. Untuk mencegah harga jadi lebih tinggi, gunakan mode penyamaran (incognito), atau hapus cookie browser sebelum memesan.

 

Cek situs maskapai penerbangan

Terkadang, situs web resmi maskapai penerbangan memiliki penawaran yang lebih baik dibandingkan lokapasar. Sistem pemesanan lazimnya hadir dalam tampilan kalender, sehingga membantu memindai harga dan mengidentifikasi hari pemesanan ketika tiket pesawat relatif lebih murah.

 

Simak media sosial

Tidak jarang, maskapai penerbangan maupun platform pemesanan tiket daring memiliki penawaran menarik dan diskon tiket pesawat yanh diunggah lewat akun media sosialnya. Namun, selalu pastikan mengambil penawaran dan diskon dari akun resmi maskapai atau layanan perpesanan.

 

Ekstensi pelacak harga tiket pesawat

Google Chrome dan Microsoft Edge mendukung ekstensi pihak ketiga yang bisa melacak harga tiket pesawat. Ekstensi ini akan mengingatkan pengguna jika terjadi penurunan harga. Beberapa plug-in umum yang tersedia adalah Flight Fare Compare dan CheaperThere.

 

Pakai Google Flights

Google Flights memungkinkan pengguna untuk memeriksa detail penerbangan serta membuat perbandingan harga dari berbagai situs web pemesanan tiket daring. Pelacak riwayat harga di Google Flights juga menunjukkan grafik harga penerbangan tertentu dari 60 hari terakhir dan memberi tahu pengguna apakah harga saat ini ekonomis, mahal, atau relatif murah.

 

Perbandingan harga di Microsoft Edge

Microsoft Edge memiliki fitur untuk mencari harga tiket penerbangan di berbagai situs web dan memberi tahu pengguna jika harga yang lebih rendah tersedia di tempat lain. Ada fitur bawaan "kupon diskon" yang akan memberi tahu pengguna jika ada kupon yang tersedia untuk situs tertentu.

 

Poin dan program loyalitas maskapai

Hampir setiap maskapai memiliki program dan poin loyalitas untuk pelanggan setia. Penawaran itu kerap mencakup diskon untuk pemesanan penerbangan. Jika sering bepergian dengan maskapai penerbangan tertentu, kumpulkan poin loyalitas atau miles yang dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan.

 

Kartu perjalanan dari bank

Sebagian bank menawarkan kartu perjalanan khusus yang dilengkapi dengan penawaran, diskon, dan cashback untuk pemesanan tiket pesawat atau kereta api. Periksa fasilitas ini di bank Anda dan dapatkan kartu perjalanan yang menawarkan nilai terbaik. Lalu, gunakan untuk memesan tiket penerbangan dengan diskon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement