Selasa 21 Mar 2023 23:42 WIB

Anda Insomnia? Jangan Sembarang Minum Obat Tidur

Tak jarang orang insomnia meminum obat tidur agar bisa pulas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Gangguan tidur yang biasa terjadi adalah insomnia.
Foto: Republika/Wihdan
Susah tidur (Ilustrasi). Gangguan tidur yang biasa terjadi adalah insomnia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk kesehatan seperti penambahan energi, penampilan, dan kesejahteraan fisik. Jika tidur terganggu maka kesehatan juga terancam.

Gangguan tidur yang biasa terjadi adalah insomnia. Insomnia berpengaruh terhadap produktivitas seseorang serta menjadi faktor risiko untuk penyakit medis dan kejiwaan lainnya.

Baca Juga

photo
Tips buat yang lagi susah tidur. - (Republika)

Tak jarang orang yang mengidap insomnia memilih jalan pintas dengan meminum obat tidur agar bisa tidur nyenyak. Padahal, itu dapat berefek buruk. Obat tidur hanya dapat diberikan jika dalam keadaan tertentu saja.

"Pengobatannya kalau bisa hanya tiga pekan, jangan lebih dan jangan terus menerus," ujar dokter spesialis saraf  Rimawati Tedjasukmana dalam bedah buku Insomnia memperingati World Sleep Day dengan tema "Sleep Is Essential for Health", digelar secara daring oleh Perkumpulan Ilmu Kedokteran Tidur Indonesia (Perdoktin), Sabtu (18/3/2023).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement