Selasa 21 Mar 2023 14:06 WIB

Isi Lemari P3K Harus Disortir Berkala, Apa Dampaknya Kalau Terminum Obat Kedaluwarsa?

Singkirkan obat yang sudah kedaluwarsa dari lemari P3K.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Obat-obatan yang sudah kedaluwarsa (ilustrasi). Setelah mencapai tanggal kedaluwarsa, beberapa obat menjadi lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri dan kehilangan manfaatnya serta bisa sangat berbahaya jika obat itu dikonsumsi.
Foto:

Lalu, penting juga untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra pada "benda tajam" medis yang sudah lama (jarum yang telah digunakan untuk suntikan) dan inhaler. Jarum dan inhaler bekas bisa berbahaya dan tidak boleh dibuang ke tempat sampah tanpa dibungkus dan tidak boleh dibuang ke kloset.

photo
Cara menyimpan dan membuang obat sirup. - (Republika)

Untuk inhaler, Dr Aungst mengatakan fasilitas bank sampah dan daur ulang lokal dapat memberikan rekomendasi untuk pembuangan yang tepat. Beberapa lokasi apotek juga akan menerima inhaler bekas.

Setelah selesai membuang obat-obatan yang tidak diperlukan atau kedaluwarsa, pastikan untuk menyimpan obat-obatan yang tersisa di tempat yang sejuk dan kering. Obat harus disimpan di tempat yang tidak dapat diakses oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

"Ini membantu mencegah kerusakan yang dapat mempersingkat masa simpan obat dan dapat mencegah konsumsi yang tidak disengaja," kata Dr Aungst.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement