Jumat 10 Mar 2023 13:06 WIB

Enam Penyebab Orang Kesulitan Menghilangkan Lemak Visceral

Lemak visceral dapat memicu masalah kesehatan serius seperti diabetes.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur lingkar perut (ilustrasi). Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lemak visceral menumpuk.
Foto:

Masalah tiroid

Dr Sanghvi menuturkan hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah masalah tiroid. Jika memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif, Anda mungkin mengalami kelelahan, depresi, dan penambahan berat badan.

Dia menjelaskan hipotiroidisme adalah saat kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan benar, ini sering kali dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

"Baik pria maupun wanita dapat dipengaruhi oleh hipotiroidisme dan biasanya diobati dengan mengonsumsi tablet pengganti hormon tiroid yang disebut levothyroxine," ujar dr Sanghvi.

Tidak cukup minum air

Jika mengalami dehidrasi, dr Sanghvi mengatakan ada sinyal yang tidak berfungsi di otak kita yang dapat mengirimkan sinyal lapar daripada haus. Ini berarti kita cenderung makan lebih banyak saat kita mengalami dehidrasi untuk menebus rasa haus.

"Selain itu, jika mengalami dehidrasi, Anda akan merasa kekurangan energi dan lelah yang dapat mendorong Anda untuk mencamil," katanya.

Menambah otot

Meski berolahraga secara teratur dan makan diet seimbang termasuk makanan tinggi protein, berat badan Anda bisa saja tidak turun. Sebagai gantinya, Anda mungkin benar-benar menambah berat otot.

Dr Sanghvi mengungkapkan Anda mungkin memperhatikan tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Anda juga mungkin merasa lebih percaya diri dengan penampilan terlepas dari apa yang tertulis di timbangan.

"Hal penting untuk diingat adalah tidak apa-apa untuk menurunkan berat badan selama Anda melakukannya sesehat mungkin," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement