Rabu 08 Mar 2023 16:09 WIB

Tips Diet untuk Calon Pengantin Agar Kian Menawan di Hari Pernikahan

Jangan hanya fokus merawat kulit wajah, pola makan sehat juga sama pentingnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Resepsi pernikahan (ilustrasi). Untuk tampil menawan, calon pengantin perlu memperhatikan nutrisinya alih-alih hanya mengandalkan perawatan kulit wajah.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Resepsi pernikahan (ilustrasi). Untuk tampil menawan, calon pengantin perlu memperhatikan nutrisinya alih-alih hanya mengandalkan perawatan kulit wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap wanita tentu ingin tampil menawan di hari pernikahannya. Meskipun sebagian besar calon pengantin wanita fokus pada penampilan mereka dan melakukan perawatan kulit yang ketat, menerapkan pola makan sehat juga sama pentingnya.

"Anda tidak bisa terlihat baik dan merasa luar biasa kecuali tubuh Anda diberikan nutrisi yang tepat dan mendapatkan olahraga yang cukup," kata ahli gizi dari India, Anjali Mukerjee, seperti dilansir Indian Express, Senin (5/3/2023).

Baca Juga

Menurut Mukerjee, beberapa bulan menjelang hari bahagianya, sebagian wanita biasanya bekerja keras untuk memiliki bentuk tubuh yang bugar dan penampilan yang terbaik. Di sisi lain, berbagai tekanan menjelang hari pernikahan juga kerap membuat calon pengantin wanita stres sehingga membuat mereka makan berlebihan atau mengikuti diet yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

Lantas, bagaimana agar calon pengantin bisa betul-betul bugar dan prima jelang pernikahan? Berikut beberapa tips diet sederhana dari Mukerjee.

 

1. Makanlah dengan porsi sedikit namun lebih sering

Menurut Mukerjee, cara ini akan membantu mengurangi kadar gula darah yang disebabkan oleh stres. Selain itu, ini adalah strategi yang baik untuk mengatur berat badan. Sertakan setidaknya lima sampai delapan porsi buah dan sayuran dalam menu makanan harian.

2. Minum jus sayur

Minumlah setidaknya dua gelas jus sayuran yang terbuat dari tomat, bayam, mint, dan ketumbar. Hal ini membantu mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan bau badan.

3. Konsumsi makanan dan minum kaya protein

Mukerjee menyarankan untuk menambahkan setidaknya 40 hingga 45 gram protein ke dalam menu harian seperti ikan, putih telur, dan produk susu.

4. Jus jeruk

Jus jeruk segar sangat baik untuk kulit dan rambut, serta memberikan nutrisi kental yang mudah dicerna untuk tubuh Anda. "Minumlah hanya ketika Anda tidak kelebihan berat badan," kata Mukerjee.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement