Rabu 08 Mar 2023 14:54 WIB

Agar tidak Salah Pilih Saat Renovasi Dapur, Simak Ini Dulu

Ketika memilih interior dapur, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa kesalahan umum yang harus diperhatikan saat merenovasi atau mendesain dapur.  /ilustrasi
Foto: amin madani/republika
Ada beberapa kesalahan umum yang harus diperhatikan saat merenovasi atau mendesain dapur. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dapur yang fungsional dan dirancang dengan baik, sangat penting dibuat agar menjadi area yang nyaman untuk menghabiskan banyak waktu untuk memasak, makan, atau bahkan bekerja. Dapur juga dapat membantu meningkatkan nilai rumah yang menjadi sangat penting ketika saatnya menjual rumah.

Dilansir dari Express, direktur kreatif salah perusahaan desain interior dapur Harvey Jones, Melissa Klink, membeberkan kesalahan interior di dapur yang umum dilakukan banyak orang. Menurut dia, ada beberapa kesalahan umum yang harus diperhatikan saat merenovasi atau mendesain dapur.

Baca Juga

Pertama adalah terlalu mempertimbangkan pendapat orang lain saat mendesain dapur, dan mengabaikan apa yang sebenarnya dibutuhkan. Ini bisa apa saja, mulai dari warna di dapur, mengatur ruang lemari, hingga memilih potongan dekorasi tertentu.

Desain interior adalah tentang pilihan pribadi, selera pribadi, dan keputusan pribadi, jadi penting untuk memikirkan kebutuhan kita saat mendesain atau merenovasi.

Kesalahan kedua adalah mencoba meniru desain dapur yang kita lihat secara daring, padahal seharusnya dapur harus didesain dengan esensi pribadi. Mereplikasi dapur dari foto tidak selalu merupakan ide yang buruk, tetapi sekali lagi, pemilik rumah harus memikirkan spesifikasi dapur daripada hanya estetika saja.

“Saat mendesain dapur, orang kerap memikirkan harus ada lemari atau rak di dalam ruangan, mulai dari rak atas yang mungkin tidak banyak digunakan, hingga lemari besar,” kata Melissa.

Menurut pakar desain interior, tidak memikirkan kegunaan ruang dan hanya menempatkan lemari untuk mengisi ruang adalah kesalahan besar. Mendesain dapur bisa membuat stres, tetapi penting untuk memikirkan pilihan rak dan penyimpanan apa yang tersedia, dan memilih yang sesuai dengan gaya hidup kita.

Melissa mengatakan kesalahan ketiga dan ‘terburuk’ yang dilakukan pemilik rumah adalah mengabaikan pentingnya pencahayaan. “Dapur adalah ruangan yang paling fungsional di rumah dan perlu diberi cahaya yang sesuai dengan beberapa lapisan cahaya di lemari, aksen, perkakas, dan suasana keseluruhan,” papar dia.

Jika area dapur juga merupakan ruang makan, penting untuk tidak memiliki pencahayaan yang terlalu terang dan menyorot langsung ke atas meja. Pencahayaan atau lampu di atas meja sebaiknya digantung rendah untuk membantu menciptakan ruang yang nyaman, lalu pilih warna putih hangat untuk menciptakan cahaya lembut.

Ketika memilih warna dapur, ahli desain interior mengatakan elemen ini sangat pribadi sehingga pemilik rumah harus memastikan bahwa warna apa pun yang mereka pilih. Untuk itu mereka bisa merenung lebih dulu untuk menentukan warna yang tepat.

Banyak orang yang memilih untuk merenovasi rumah mereka daripada pindah rumah, beberapa mungkin mengubah ruang mereka menjadi ruang terbuka untuk membantu sirkulasi udara rumah. Tapi ini bisa menjadi kesalahan keempat jika ingin membangun dapur terbuka.

Pada saat rumah semakin kecil dan memiliki sebuah ruang menjadi lebih berharga, ruangan yang dialokasikan hanya untuk makan formal bisa terkesan berlebihan. Sementara dapur-ruang makan yang dirancang dengan baik memungkinkan kita untuk menyiapkan, memasak, dan makan dalam satu ruangan dengan nyaman.

“Namun, kita harus cerdik saat merencanakan ruang multi-fungsi untuk memastikan semua zona bekerja dengan baik. Dan menyadari bahwa tata letak semacam ini akan mengurangi privasi, terutama jika kita membuka seluruh lantai bawah,” kata Melissa.

Artinya membuat dapur, ruang keluarga, dan ruang tamu yang terbuka, bisa menyebabkan masalah kebisingan dari peralatan yang mungkin mengganggu. Atau pemandangan tumpukan cucian yang tidak enak dipandang saat sedang duduk menonton TV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement