Sabtu 04 Mar 2023 23:21 WIB

Cara Tepat Susun Makanan di Kulkas Agar Segarnya Tahan Lama

Isi lemari es Anda tidak boleh lebih dari 75 persen.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Menyimpan makanan di kulkas (ilustrasi). Ada beberapa tips jitu menyusun makanan di kulkas agar segarnya tahan lama.
Foto: PickPik
Menyimpan makanan di kulkas (ilustrasi). Ada beberapa tips jitu menyusun makanan di kulkas agar segarnya tahan lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih banyak orang yang tidak memerhatikan kondisi kulkas sehingga bahan makanan yang disimpan tidak segar. Padahal ada sejumlah cara yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kondisi kulkas dengan baik.

Salah satunya, tidak menumpuk makanan terlalu lama dan mengatur suhu yang tepat. Pakar limbah makanan, Kate Hall yang mendirikan situs The Full Freezer, membocorkan hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga makanan Anda dengan baik di kulkas. Jika Anda ingin lemari es tetap segar, maka suhu adalah kuncinya.

Baca Juga

“Suhu diatur antara satu dan enam derajat. Jika lebih dingin akan membeku, dan jika lebih hangat makanan berisiko busuk,” kata Kate dilansir Mirror, Jumat (3/3/2023).

Anda bisa membuat kulkas 25 persen semakin efisien dengan menghidupkan saringan udara debu. Itu sangat berguna untuk menjaga makanan tetap segar dan menjaga kulkas yang awet dalam jangka panjang.

Kate merekomendasikan untuk melakukan pembersihan lemari es menggunakan air sabun yang panas, sekali setiap tiga bulan. Untuk tip penyimpanan makanan, dia mengatakan daging yang sudah dimasak, makanan siap jadi, dan sisa makanan di rak atas yang lebih hangat.

“Sementara produk susu di tengah, termasuk susu. Simpan selai, keju lembut, dan jus di pintu dan taruh buah dan sayuran di laci bawah untuk melindungi mereka dari bau,” ujarnya.

Selain itu, lemari es Anda tidak boleh lebih dari 75 persen penuh sehingga udara dapat mengalir melalui mesin dengan mudah. Untuk barang-barang yang ada di lemari es, Anda dapat membuat label sehingga tahu tanggal kedaluwarsanya.

Jika barang Anda memiliki kemasan berlebih, ada baiknya untuk menyingkirkannya. Kate juga merekomendasikan untuk membiarkan makanan panas menjadi dingin sebelum meletakkannya di lemari es karena dapat menyebarkan bakteri di sekitar lemari es yang dapat menyebabkan bau dan kuman yang tidak diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement