Ahad 05 Mar 2023 00:40 WIB

Tak Dapat Bimbingan Karier yang Baik Saat Remaja, Orang Dewasa Banyak yang Menyesal

Sebagian orang merasa terjebak di karier yang sedang dijalani.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menjalani wawancara saat melamar pekerjaan (ilustrasi). Sebagian orang dewasa berharap mendapat bimbingan karier yang lebih baik selama masa remaja.
Foto:

Studi dilakukan oleh The Gatsby Foundation sebagai bagian dari kampanye Talking Futures ini bertujuan untuk membantu orang tua berbicara dengan anak-anak mereka tentang pendidikan dan pilihan karier. Perwakilan The Gatsby Foundation, Michelle Rea, meyakini karier seseorang turut dipengaruhi oleh orang tua.

Menurut Rea, sebagian orang tua mungkin merasa sudah membuat keputusan yang salah terkait karier yang dijalani. Namun, jalur karier bisa diubah di kemudian hari dan itu tidak masalah. Semuanya adalah bagian dari pembelajaran.

Tidak ada salahnya juga jika orang tua ikut mengukur keterampilan anak, mencari tahu kekuatan dan kelemahan anak serta membantu mengarahkan mereka. Orang tua pun diharap memberikan dukungan dan nasihat saat anak membutuhkannya.

Ayah dan ibu dapat membantu buah hatinya untuk menemukan talenta dan minatnya. Orang tua juga perlu berbagi kebijaksanaan dan pengalaman.

"Dengan mengeksplorasi pilihan bersama dan membiarkan anak menemukan hal-hal sendiri, Anda dapat membantu mereka mengukir jalan mereka sendiri," ujar Rea, dikutip dari laman Independent, Sabtu (4/3/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement