Selasa 28 Feb 2023 10:35 WIB

Beda Generasi, Beda Gaya Pengasuhan

Tiap generasi memiliki kekhasan pola pengasuhannya masing-masing.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua dan anak (ilustrasi). Orang tua milenial dinilai berpikiran lebih terbuka.
Foto:

3. Generasi Z atau iGen: Lahir 1997 sampai 2010

Meskipun masih "muda" dan belum cukup umur untuk menjadi generasi, anak-anak Generasi Z adalah yang pertama lahir ke dunia di mana mereka tidak tahu apa-apa selain terus terhubung satu sama lain meskipun melalui ponsel, layar, dan tablet. Mereka tumbuh besar dengan perkembangan internet yang pesat.

4. Generasi Alpha: lahir setelah 2010

Pada 2019, laman Adage mengidentifikasi anak-anak yang lahir setelah 2010 sebagai bagian dari Generasi Alpha. Generasi Alpha adalah generasi pertama anak-anak yang tidak akan pernah tahu masa ketika media sosial belum ada, tetapi mereka jauh lebih cerdas secara teknis daripada generasi mana pun sebelumnya.

Kemampuan mereka diyakni merupakan alat ampuh yang dapat mengubah umat manusia dengan berbagai cara yang positif. Mungkin terlalu dini untuk mematok Alpha sebagai ini atau itu berdasarkan seberapa sedikit yang sudah terungkap tentang mereka sejauh ini.

Di sisi lain, mereka dikenal sebagai beberapa generasi pertama yang lahir dalam pandemi Covid-19. Mereka lebih beragam daripada generasi lainnya dan cenderung berada dalam satu rumah tangga induk. Seperti generasi sebelumnya, setiap tahun yang berlalu akan membentuk persepsi budaya tentang siapa mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement