Ahad 26 Feb 2023 07:18 WIB

Ini Dia Ajang Kolaborasi untuk UMKM

Kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menteri Zulkifli Hasan menghadiri acara Legendary Brand Festival 2023 yang diselenggarakan di PIM 3.
Foto: Dok Desy Susilawati
Menteri Zulkifli Hasan menghadiri acara Legendary Brand Festival 2023 yang diselenggarakan di PIM 3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM, Shipper memfasilitasi kolaborasi lebih dari 100 pelaku usaha legendaris Indonesia dengan lebih dari 10 ribu pelaku UMKM. Kegiatan ini bertajuk Legendary Brand Festival 2023 yang dilaksanakan pada 25 sampai 26 Februari 2023.

Acara ini diselenggarakan bersama e•ko•lab Kementerian Koordinator Perekonomian, dan Localfest. Acara ini tidak hanya sebagai wadah kolaborasi namun juga menjadi wadah pengembangan inovasi, berjejaring hingga perluasan pemasaran produk para pelaku usaha.

Baca Juga

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi. Kementerian Perdagangan RI berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM melalui empat pilar yaitu pengembangan UMKM, sinergi UMKM dengan marketplace, akses pembiayaan bersama LPEI, dan akses pasokan produk UMKM ke ritel modern.

"Inisiatif Shipper dengan Legendary Brand Festival 2023 sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan yang membangun ekosistem untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan retail modern hingga perusahaan grosir besar melalui ekosistem e•ko•lab," ujarnya saat membuka acara acara Legendary Brand Festival 2023 di Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Zulkifli Hasan juga menambahkan bahwa ekonomi Indonesia pada 2022 tumbuh 5,31 persen, lebih tinggi pada 2021. Tingkat inflasi Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebesar 5,51 persen, relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, dan kembali turun ke 5,28 persen pada Januari 2023.

Sementara itu, Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko menyatakan pihaknha sangat senang bisa berkolaborasi dengan e•ko•lab Kemenko Perekonomian dan Localfest dalam menyelenggarakan Legendary Brand Festival 2023.

"Melalui kolaborasi yang terjalin dalam acara ini, kami ingin meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM sehingga mereka dapat bertahan dan bahkan bertumbuh sehingga dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian nasional," ujarnya.

Menurut Shipper, berbagai tantangan perekonomian yang akan dihadapi para pelaku usaha tahun ini membuat mereka harus memperhatikan perubahan tren konsumen, digitalisasi, dan inovasi produk dan layanan untuk tetap bersaing dan berkembang.

Legendary Brand Festival 2023 diselenggarakan secara hibrid dengan rangkaian acara forum bisnis, konferensi, dan pameran. Beberapa merek legendaris yang turut meramaikan acara ini adalah Buccheri, Khong Guan, Wardah, Mustika Ratu, Olympic Furniture, Somethinc, dan merek terkenal lainnya di sektor fashion, kecantikan, dan makanan dan minuman. Kolaborasi antar merek besar dengan merek lokal ini juga didukung oleh Localfest, festival urban kreatif yang menampilkan potensi-potensi lokal di bidang fashion, kuliner, musik, dan seni yang diselenggarakan tiap tahun oleh Urban Sneaker Society (USS) Networks.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement