Rabu 22 Feb 2023 12:11 WIB

Tampilannya Eksotis, Buah Naga Ternyata Kaya akan Nutrisi untuk Kesehatan Mata

Buah naga merupakan salah satu makanan eksotik yang bisa membantu melindungi mata.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Buah naga kaya akan vitamin A dan C dan karoten yang menyehatkan dan melindungi kornea.
Foto: Pexels
Buah naga kaya akan vitamin A dan C dan karoten yang menyehatkan dan melindungi kornea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat mata sangat penting untuk dilakukan, terutama seiring bertambahnya usia. Meskipun ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi penglihatan yang berada di luar kendali manusia.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menurunkan risiko masalah gangguan penglihatan. Pola makan atau diet adalah salah satu caranya.

Baca Juga

Menurut Eye Clinic London, buah naga merupakan salah satu makanan eksotik yang bisa membantu melindungi mata. Buah naga berasal dari Meksiko selatan dan negara-negara Amerika Tengah lainnya termasuk Guatemala, Kosta Rika, dan El Salvador.

Buah naga juga mudah ditemukan di Indonesia. Juga dikenal sebagai pitaya, atau pir stroberi, buah naga mendapatkan namanya dari tampilan kulitnya yang bersisik dan runcing.

"Buah naga kaya akan vitamin A dan C dan karoten," ujar The Eye Clinic, seperti dilansir laman Express, Rabu (22/2/2023).

Menurut klinik itu, vitamin tersebut dikenal untuk menyehatkan dan melindungi kornea. Dragon fruit memiliki tampilan yang sangat unik dan baru-baru ini menjadi sangat populer karena banyak manfaat kesehatan dan nutrisinya.

"Buah ini bagus untuk mempertahankan penglihatan saat cahaya redup dan warna," kata The Eye Clinic.

1. Vitamin A

Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan pada anak yang dapat dicegah di dunia. The American Optometric Association (AOA) mencantumkan vitamin A sebagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan mata.

"Vitamin A mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea," kata AOA.

National Health Service (NHS) di Inggris juga menyatakan bahwa vitamin A dibutuhkan untuk membantu penglihatan dalam cahaya redup. Sumber makanan lain dari vitamin A meliputi keju, telur, ikan yang berminyak, olesan roti rendah lemak yang diperkaya nutrisi, susu dan yoghurt, serta hati.

2. Vitamin C

Vitamin C juga diakui sebagai sumber lain yang penting untuk penglihatan. Vitamin C, asam askorbat, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu menetralkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan katarak atau perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD), menurut AOA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement