Senin 20 Feb 2023 22:16 WIB

Pengalaman Pahit Kencan Online: Ditipu Hingga Ternyata Kencan dengan Waria

Beberapa orang yang sudah pernah kencan online punya pengalaman pahit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kencan online (ilustrasi). Beberapa orang yang pernah melakukan kencan online mengungkapkan pengalaman pahitnya.
Foto: www.freepik.com
Kencan online (ilustrasi). Beberapa orang yang pernah melakukan kencan online mengungkapkan pengalaman pahitnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kencan secara online (daring) dipilih segelintir masyarakat untuk hubungan romansanya. Dari mulai berkenalan di media sosial hingga aplikasi khusus kencan, aktivitas ini mulai memiliki "penggemar".

Namun jangan salah. Anda harus berhati-hati berkenalan dengan orang asing di medsos atau aplikasi perkenalan. Pasalnya ada pengalaman pahit bagi mereka yang sudah melakukannya. Berikut beberapa kisah gagal yang terjadi di dunia kencan online, bahkan salah satunya menjadi inspirasi sebuah film:

Baca Juga

1. Kasus Simon Leviev ‘Tinder’ (2022)

Kasus ini sempat menghebohkan jagat maya. Bahkan film berjudul The Tinder Swindler, disebut-sebut terinspirasi dari kisah penipuan yang dilakukan seorang pria bernama Simon Leviev di aplikasi kencan Tinder. Film dokumenter Netflix itu juga pernah menjadi perbincangan hangat karena menguak sosok penipu ulung dalam dunia kencan online tersebut.

2. Penipuan uang (2022)

Kisah penipuan lewat kencan daring pernah trending di Twitter lewat utas yang dibagikan oleh akun @malamtanpakata. Dalam unggahannya, disebutkan bahwa sosok penipu tersebut adalah James Daniel Sinaga yang telah menipu banyak korban. Korban sekaligus memperingatkan jangan ada lagi yang kena tipu karena gaya bicara pria yang menipunya dengan berkedok kencan begitu meyakinkan.

3. Kenalan dengan waria (2021)

Kisah pria dengan akun @gumay9 pernah viral di Tiktok. Pada awalnya pria tersebut memulai kencan dengan akun yang memang menampilkan sosok wanita.

"Kisah nyataku aku dipertemukan gadis manis di suatu aplikasi dating karena dia yang mem-follow ku duluan," kata pria tersebut.

Selama berkenalan, sosok yang dikencaninya dianggap punya kepribadian yang baik. Namun dia baru tahu belakangan bahwa orang yang dikencaninya adalah waria.

4. Kencan dengan suami orang (2021)

Kisah ini dibagikan oleh akun bernama Jane di aplikasi Quora. Awalnya, dia intens melakukan komunikasi dengan seorang pria di sebuah aplikasi kencan. Namun dia sempat hilang kontak. Karena terus mencaritahu tentang si pria tersebut, Jane pun menemukan bahwa sang pria ternyata merupakan suami orang, bahkan istrinya sedang hamil besar.

5. Perdagangan manusia (2022)

Ada pula kasus perdagangan manusia yang terjadi melalui aplikasi kencan. Ini dialami seorang anak usia 17 tahun di Jambi yang diperdagangkan sebagai pekerja seks komersial (PSK) oleh teman kencannya yang bernama Muhammad Randa di aplikasi michat.

Selain itu, masih banyak kasus semacam ini yang beredar di dunia maya. Contohnya sebuah akun FB bernama Aisyah, yang mengaku tertipu oleh teman kencannya yang bernama Novy Randa alias Sutan alias Muhammad Sutan, alias Farrel dengan total kerugian kurang lebih sebesar Rp 30 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement