Jumat 17 Feb 2023 01:25 WIB

Yuk Staycation di Akhir Pekan, Ini 5 Langkah Berburu Promo Hotel

Memesan hotel jauh hari berpeluang mendapatkan harga lebih ekonomis.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur adalah dengan staycation di hotel yang dikelilingi dengan berbagai destinasi menarik/ilustrasi
Foto: istimewa
Salah satu yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur adalah dengan staycation di hotel yang dikelilingi dengan berbagai destinasi menarik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menemukan hotel dengan harga terjangkau tentunya menjadi perkara yang susah susah gampang. Sering kali banyak promo berseliweran ketika kita sedang tidak ingin berlibur, namun ketika waktu perencanaan liburan telah matang justru sulit menemukan hotel yang pas bujet.

Tetapi tidak perlu khawatir, jika ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga untuk staycation, ada lima langkah untuk berburu promo hotel. Ini bisa dilakukan untuk memesan hotel dalam waktu dekat maupun dalam waktu mendatang. Berikut tip dari Traveloka:

Baca Juga

 

1. Pesan hotel dari jauh hari

Hal ini menjadi salah satu yang terpenting, karena menjelang waktu liburan atau menjelang weekend, biasanya semua hotel maupun transportasi pasti akan menaikkan harga. Lebih baik rencana staycation sudah dipikirkan dari jauh hari, setidaknya tujuh hingga 30 hari sebelum menginap.

Langsung saja lakukan booking hotel yang diinginkan dalam rentang waktu tersebut. Dengan begitu, harga hotel akan cenderung lebih murah dibandingkan melakukan pemesanan di last minute.

 

2. Cek lokasi hotel

Biasanya, harga hotel yang dekat dengan pusat kota maupun destinasi populer akan cenderung lebih mahal. Salah satu tips mendapatkan hotel dengan harga terjangkau adalah mencari hotel yang letaknya tidak terlalu dekat dengan pusat kota maupun destinasi populer.

Meskipun demikian, perlu diperhatikan juga akses transportasi maupun jalan yang baik untuk menjangkau tempat-tempat tertentu. Karena pada saat staycation, biasanya wisata kuliner di malam hari itu akan menyenangkan dilakukan sehingga perlu juga memperhatikan kondisi sekitar hotel.

 

3. Bayar pada saat check-in

Beberapa aplikasi traveling, memiliki fitur untuk membayar hotel pada saat check-in dan fitur ini menjadi salah satu cara untuk mendapat hotel dengan harga lebih hemat. Fitur ini akan memberikan fleksibilitas ketika check-ini, misalnya mudah mengajukan refund.

Apalagi jika mencari hotel dari jauh hari, maka lebih banyak pilihan hotel yang bisa dibayar saat check-in. Ini juga memudahkan ketika hendak mengganti hotel ketika menemukan hotel yang lebih sesuai dengan preferensi kita.

 

4. Pantau media sosial dan aplikasi

Ini juga menjadi salah satu hal penting dalam berburu hotel promo, adalah memantau media sosial dari hotel atau aplikasi traveling. Biasanya diskon yang diberikan oleh promo bisa mencapai 50 persen, tentunya ini akan sangat menguntungkan.

Menjelang liburan ataupun weekend, biasanya aplikasi traveling ini juga sering menebarkan kode promo di media sosial, entah itu dari mereka sendiri atau dari para figur publik. Kita bisa mencoba kode promo tersebut dengan booking online.

Promo ini juga bisa datang dari kartu kredit atau debit bank-bank. Biasanya potongan harga yang diberikan juga cukup menggiurkan, sehingga tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel yang bekerja sama dengan bank tempat kita menjadi nasabah.

 

5. Menjadi member

Menjadi member tentunya akan membuat kita mendapatkan sejumlah keuntungan karena loyalitas. Salah satu cara agar mendapat harga hotel murah, ini bisa dengan cara kita menjadi member hotel maupun member di aplikasi traveling. Setelah kita menjadi member, biasanya akan ada diskon khusus para member hingga informasi-informasi promo khusus di hari-hari libur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement