Jumat 10 Feb 2023 22:42 WIB

Cegah Anak Kena Diabetes, Ingat-Ingat Prinsip '5210'

Obesitas yang diikuti dengan terjadinya sindrom metabolik picu diabetes pada anak.

Anak kegemukan (ilustrasi). Kelebihan nutrisi dapat membuat anak obesitas dan berisiko diabetes tipe 2.
Foto: Darmawan/Republika
Anak kegemukan (ilustrasi). Kelebihan nutrisi dapat membuat anak obesitas dan berisiko diabetes tipe 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar endokrin anak Prof dr Aman Bhakti Pulungan mengingatkan pentingnya penerapan prinsip "5210" pada anak agar tetap sehat dan tak terkena penyakit diabetes tipe 2. Ia mengatakan prinsip ini diawali dengan konsumsi buah dan sayur lima kali sehari serta anak juga tidak boleh duduk lebih dari dua jam.

Lalu, anak harus melakukan olahraga atau minimal harus bergerak satu jam setiap hari. Di samping itu, anak tidak boleh menyantap gula tambahan atau melebihi anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga

"Kalaupun mau menambahkan gula, kita bisa lihat harusnya makanan dan minuman anak-anak dibuat labelnya berapa gram gulanya dan ini harus sesuai rekomendasi WHO," kata Executive Director of International Pediatric Association (IPA) atau Asosiasi Dokter Anak Sedunia itu.

WHO merekomendasikan orang dewasa dan anak-anak untuk mengurangi asupan gula bebas harian hingga kurang dari 10 persen dari total asupan energi mereka. Pengurangan lebih lanjut hingga di bawah lima persen atau kira-kira 25 gram (enam sendok teh) per hari akan memberikan manfaat kesehatan tambahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement