Senin 30 Jan 2023 12:12 WIB

5 Jenis Perabot dan Hiasan yang bisa Menjadi Pembatas Ruangan

Memanfaatkan perabot dan hiasan sebagai pembatas ruangan di rumah

Rak bisa jadi salah satu pilihan sebagai partisi di rumah.
Foto: Ruparupa
Rak bisa jadi salah satu pilihan sebagai partisi di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Ruangan terbuka memang membuat rumah minimalis tampak lebih lega dan luas. Namun, tetap perlu menggunakan partisi untuk memisahkan satu ruangan dengan yang lain.

Alih-alih menggunakan tembok yang bikin rumah tambah sempit, bisa memanfaatkan perabot dan hiasan sebagai pembatas ruangan, seperti berikut ini:

1. Rak buku

Salah satu perabot yang bisa digunakan sebagai partisi ruangan adalah rak buku terbuka. Pilih warna rak buku yang sesuai dengan interior ruangan agar penempatannya terlihat lebih natural. Selain itu, bisa juga meletakkan tanaman hias, bingkai foto, serta koleksi pajangan di atas rak buku agar terlihat lebih menawan.

2. Sofa

Sofa juga bisa digunakan untuk memisahkan dua ruangan, seperti dapur dan ruang keluarga. Cukup letakkan sofa di tengah ruangan. Namun, pastikan ukuran sofa tidak terlalu besar atau kecil agar kedua ruangan ini bisa menyatu dengan lebih natural.

3. Karpet permadani

Karpet juga bisa menjadi pemisah dua ruangan berbeda. Terlebih, aksesoris rumah satu ini mudah dipasang dan tidak akan memakan tempat. Bisa juga letakkan karpet di bawah meja makan ataupun di dekat sofa dan rak TV.

4. Folding screen

Menggunakan folding screen atau layar lipat menjadi cara paling mudah untuk memisahkan dua ruangan. Soalnya, folding screen cukup fleksibel karena bisa dilipat ketika tidak digunakan. Pilih folding screen yang terbuat dari anyaman rotan agar cahaya bisa tetap masuk.

5. Gorden

Selain folding screen, bisa juga memakai gorden sebagai partisi. Biasanya, gorden banyak digunakan di apartemen studio untuk memisahkan kamar tidur dengan ruang tamu. Cukup pasang rel gorden di langit-langit ruangan. Supaya terlihat lebih luas, bisa memilih gorden warna putih.

Itu dia 5 jenis perabot dan hiasan rumah yang bisa digunakan untuk memisahkan dua ruangan. Seluruh rekomendasi furnitur dan dekorasi di atas bisa dibeli  dengan mudah hanya melalui  Informa Online.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement