Senin 30 Jan 2023 19:07 WIB

Hobi Panjat Tebing, Ini 5 Item Wajib Punya Buat Pemula

Pilihlah perlengkapan panjat tebing yang tepat dan pastikan terpasang dengan benar.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada perlengkapan panjat tebing yang harus digunakan tepat dan pastikan terpasang dengan benar pula/ilustrasi.
Foto: ANTARA/jojon
Ada perlengkapan panjat tebing yang harus digunakan tepat dan pastikan terpasang dengan benar pula/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Panjat tebing bisa menjadi hobi yang menakutkan untuk dilakukan. Banyak perlengkapan yang dibutuhkan seperti simpul dan jangkar. Semua perlengkapan harus dipasang dengan benar. Namun, untuk yang memang hobi panjat tebing, medan yang berat justru menjadi tantangan.

Namun sebelum mendaki, pastikan Anda sudah mengikuti panduan atau kursus tentang pendakian dan perlengkapan penting sudah terpenuhi. Jika masih ada perlengkapan yang belum terpenuhi, berikut cek daftarnya seperti dikutip Wired, Senin (30/1/2023):

Baca Juga

1.Safety harness

Harness merupakan alat pelindung yang membuat Anda terikat ke tali panjat. Salah satu produk terbaik berasal dari merek Black Diamod. Bahanny empuk sehingga nyaman digunakan. Loop kaki tidak pernah memberikan masalah. Tapi Anda bisa menggunakan merek lain dengan pasaran harga mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribuan.

 

 

2.Belay Device

Saat memanjat, orang di dinding diamankan melalui tali ke jangkar oleh rekannya yang merupakan belayer. Dia berdiri di bawah dengan tangan di tali, siap menangkap pemanjat saat jatuh. Untuk melakukannya, mereka menggunakan belay device. Harga pasaran belay device kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 1 jutaan.

 

3.Carabiner Lock

Carabiner lock berbentuk seperti buah pir yang digunakan sebagai karabiner penambatan Anda. Ada berbagai mekanisme penguncian untuk mengunci karabiner, termasuk yang dioperasikan dengan magnet. Untuk harganya, Anda bisa membelinya dengan kisaran Rp 30 ribuan.

 

4.Helm

Perlindungan dalam panjat tebing harus lengkap. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah helm. Helm bisa melindungi Anda dari jatuhnya batu. Sangat penting untuk memilikinya saat berada di luar ruangan. Anda bisa tidak menggunakan helm jika mendaki di dalam ruangan. Jika ingin membeli, harganya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.

 

5.Tas Tebing

Jika Anda berencana melakukan pendakian luar ruangan, Anda memerlukan tas punggung yang mampu mengangkut semua perlengkapan Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan tas daypack biasa, ada baiknya Anda menggunakan tas khusus. Sebab, perlengkapan pendakian akan terasa berat. Memiliki sabuk pinggul dan tali dada akan membuat semua perlengkapan lebih mudah dibawa. Kisaran harga tas tebing adalah Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement