Senin 30 Jan 2023 17:36 WIB

Maraknya Kabar Penculikan Anak Bikin Cemas, Orang Tua Harus Bagaimana?

Tidak semua kabar penculikan anak adalah hoaks alias berita bohong.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua menjemput siswa sekolah di SD Masjid Syuhada, Yogyakarta, Senin (30/1/2023). Pihak sekolah mengetatkan aturan penjemputan siswa saat pulang mulai pekan ini. Hal ini untuk mewaspadai beberapa kasus penculikan anak saat pulang sekolah. Komisi Perlindungan Anak mencatat sepanjang 2022 terdapat 21 laporan kasus penculikan anak.
Foto:

2. Komunikasi dengan pasangan dan guru sekolah

Orang tua perlu saling bekerja sama dalam menumbuhkan kesadaran anak. Jalin komunikasi dengan pasangan dan guru di sekolah untuk membahas prosedur keamanan.

Orang tua bisa bertanya tentang mekanisme sekolah terkait penjemputan anak dan prosedur sekolah andaikan terjadi keadaan darurat. Misalnya, apa yang dilakukan sekolah jika anak jatuh, dibawa ke rumah sakit mana, dan seterusnya.

3. Skeptis terhadap berita

Tidak menutup kemungkinan dari sekian banyaknya informasi yang beredar, bukan semuanya hoaks. Cek kebenarannya melalui situs berita resmi dan kredibel. Jangan menyebarkan kepanikan.

4. Belajar bela diri

Penting untuk anak dalam usia yang sudah siap untuk belajar bela diri, baik laki-laki dan perempuan. Prinsipnya, belajar bela diri adalah menggunakan kekuatan di saat yang tepat, bahkan dapat menolong orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement