Ahad 29 Jan 2023 16:19 WIB

Suaranya Bikin Sebagian Orang Geregetan, Ini Efek Lato-Lato Bagi Kesehatan Jiwa Anak

Lato-lato tengah menjadi mainan yang populer di kalangan anak dan dewasa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah anak memainkan lato-lato di Kelurahan, Maliaro, Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu (14/1/2023). Dinas Pendidikan Kota Ternate meminta kepada pihak sekolah dan orang tua siswa untuk jenjang pendidikan SD dan SMP se-Kota Ternate untuk melarang para siswa membawa permainan lato-lato yang sedang tren itu ke sekolah karena akan mengganggu kegiatan belajar mengajar yang dinilai  berbahaya sehingga mengantisipasi kecelakaan bagi anak di daerah itu. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Foto:

Selain itu, dr Isa mengatakan lato-lato berpotensi memunculkan sikap kompetitif. Permainan itu dapat mendorong anak untuk mencapai target dan berjuang sampai bisa memenangkan lomba.

Dr Isa menjelaskan permainan yang baik seharusnya memiliki prinsip play therapy atau terapi bermain untuk anak-anak. Pertama, membuat anak yang memainkannya tertawa karena merasa senang. Kedua, pilihan harganya terjangkau.

Ketiga, inti mainan mengandung unsur interaktif, kompetitif, dan mengembangkan rasa kesenangan. Keempat, anak-anak dapat berinteraksi sehingga permainan itu meniadi media interaksi.

Kelima, prinsip teori Jean Piaget, yaitu bermain diberikan berdasarkan usia dan perkembangan kognitif anak, sonsory motor play (usia nol sampai dua tahun), simbolik (usia dua sampai tujuh tahun), social play games with rules (delapan sampai 11 tahun), dan games with rules and sport (11 tahun ke atas).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement