Ahad 29 Jan 2023 13:40 WIB

Mau Masak tapi Dagingnya Masih Beku? Ini Cara Paling Aman dan Cepat untuk Mencairkannya

Daging beku perlu dicairkan sebelum dimasak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Daging sapi (ilustrasi). Ada cara cepat dan mudah untuk mencairkan daging sapi beku.
Foto:

Jika Anda ingin memanfaatkan kandungan air dalam daging beku, pertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam resep berbasis kaldu seperti ramen. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi jumlah cairan lain dalam hidangan.

Saat daging beku dimasak, es akan mencair dan menjadi air. Sebagian akan berubah menjadi uap, sedangkan sisanya akan bertahan selama proses masak.

Alih-alih menambahkan cairan sebelum dimasak, manfaatkan kandungan airnya atau simpan cairan tersebut untuk hidangan lain. Ini akan menambah rasa dan mencegah masakan lain terasa encer.

Dalam hal seafood, udang beku adalah salah satu makanan yang paling mudah dimasak langsung di panci presto. Untuk ikan lainnya, pilihan terbaik adalah mencairkannya dengan air dingin.

Cukup letakkan ikan di wadah berisi air dari wastafel, dan biarkan keran mengalirkan air dingin di atasnya. Ini dengan asumsi produk berada dalam kemasan kedap air dan tertutup rapat.

Seperti halnya daging lainnya, baik yang dimasak dari keadaan dingin (chilled) maupun beku, sangat penting untuk memeriksa suhu makanan yang Anda masak di dalam panci presto untuk memastikan setiap potongan dimasak akan aman untuk disajikan. Suhu tersebut adalah 75 derajat Celcius untuk ayam dan kalkun, 71,1 derajat celcius untuk daging giling.

Anda juga harus segera memasak daging beku di dalam panci presto, daripada membiarkannya mencair pada suhu ruangan selama beberapa waktu sebelum proses memasak dimulai. Sebab, ini dapat menyebabkan kontaminasi bakteri pada makanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement