Ahad 29 Jan 2023 13:40 WIB

Mau Masak tapi Dagingnya Masih Beku? Ini Cara Paling Aman dan Cepat untuk Mencairkannya

Daging beku perlu dicairkan sebelum dimasak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Daging sapi (ilustrasi). Ada cara cepat dan mudah untuk mencairkan daging sapi beku.
Foto: Pixabay
Daging sapi (ilustrasi). Ada cara cepat dan mudah untuk mencairkan daging sapi beku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Daging mentah harus disimpan di freezer agar tetap awet dan segar. Sebelum dimasak, tentunya daging perlu dicarikan terlebih dahulu.

Metode terbaik untuk mencairkan daging dengan aman adalah dengan mendiamkannya semalaman di dalam lemari es hingga benar-benar mencair. Kiat ini berlaku baik untuk ikan, daging merah, atau unggas.

Baca Juga

Jika tidak cukup sabar, Anda bisa memilih cara cepat, yaitu dengan menggunakan panci presto. Gill Boyd, instruktur koki di Culinary Art di Institute of Culinary Education, mengatakan bahwa salah satu cara termudah untuk mempercepat proses pencairan adalah dengan memotong daging menjadi potongan-potongan kecil.

"Memotong daging menjadi lebih kecil, sekitar satu hingga enam ons per potong, adalah yang terbaik. Ini akan memastikan daging matang sepenuhnya pada waktu yang tepat," kata Boyd, dikutip dari laman Express, Ahad (29/1/2023).

 

Sementara itu, jika daging beku ukurannya lebih besar dan lebih sulit untuk diiris, Anda bisa memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air dingin selama masih terbungkus dalam kemasan. Lakukan ini selama beberapa menit sampai Anda dapat dengan mudah mengiris daging dengan pisau tajam.

Menurut Boyd, daging giling seperti daging sapi dan kalkun bisa jadi lebih sulit untuk dicairkan dengan cepat ketika dikeluarkan dari freezer. Meski begitu, daging tersebut aman untuk dimasak langsung di dalam panci presto tanpa perlu dicairkan terlebih dahulu.

Selain panci presto, Anda juga bisa mencairkan sebagian daging dengan aman di dalam microwave. Cairkan selama tiga sampai lima menit dengan pengaturan daya tinggi. Cukup sampai lunak saja, sebelum daging berubah warna.

Pakar kuliner mencatat bahwa daging giling beku jadi pilihan yang cepat untuk membuat saus sambal atau bolognese. Tapi, sebaiknya daging beku dihindari untuk burger dan bakso. Pasalnya, daging giling yang dipanaskan setelah dari freezer akan matang saat dicairkan dan tidak akan menempel dengan baik.

Ayam beku yang masih memiliki tulang juga harus dijauhkan dari panci presto karena akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencair dan tidak akan tetap utuh saat dimasak. Faktanya, memasak daging dengan tulang di alat hemat energi ini pada dasarnya sama saja dengan memasaknya dengan es batu raksasa yang keras, yang tidak ideal untuk rasa atau teksturnya.

Meskipun daging ayam yang masih bertulang sebaiknya dicairkan dengan menggunakan air atau disimpan di lemari es, potongan daging akan melunak saat dipanaskan dapat dimasak dari keadaan beku di dalam panci presto. Ini termasuk iga bagian atas dan bawah yang dapat dengan mudah dibelah menjadi potongan-potongan kecil dan dimasak.

Untuk melakukan hal ini, Boyd merekomendasikan untuk memotongnya menjadi bagian-bagian kecil yang terdiri dari dua sampai tiga bagian dan mengolesinya dengan bumbu sebelum dimasak dengan api besar di dalam panci presto selama sekitar 30 menit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement