Kamis 26 Jan 2023 15:09 WIB

Terdeteksi di Balikpapan, Apa yang Perlu Diketahui tentang Varian Kraken?

Varian Kraken ialah subvarian omicron yang berpotensi lebih menular daripada lainnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes swab PCR (Ilustrasi). Pemerintah tengah melakukan pelacakan kontak erat setelah ditemukannya warga Polandia di Balikpapan, Kalimantan Timur yang terinfeksi varian Kraken.
Foto:

Berdasarkan pengamatan, penularan dari subvarian Kraken memang tergolong cepat, namun memiliki kemampuannya menyebabkan keparahan penyakit tampak lemah. Artinya, menurut Budi, tingkat perawatan di rumah sakit akibat varian ini tidak tinggi.

photo
Subvarian omicron BF. 7 - (Republika)

Menkes pun yakin varian-varian baru SARS-CoV-2 masih bisa tertangani karena masyarakat masih memiliki imunitas yang tinggi. Menurut Menkes, situasi di Indonesia berbeda dengan di Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Menkes mengatakan, angka penularan subvarian Kraken tercatat mengalami sedikit peningkatan di Amerika Serikat. Begitu juga penularan subvarian lainnya di berbagai negara juga sebelumnya tercatat tinggi.

Sementara itu, di Indonesia, angka penularan dari dua kali mutasi omicron tidak tinggi. Menurutnya, hal ini disebabkan karena tingkat imunitas populasi yang masih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement