Rabu 25 Jan 2023 14:40 WIB

Ikan Mengandung Banyak Protein, Bagus untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Dokter ahli gizi merekomendasikan ikan untuk asupan protein hewani anak.

Hidangan ikan tongkol. Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan sangat tinggi sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hidangan ikan tongkol. Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan sangat tinggi sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi ikan penting untuk mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Asupan nutrisi dari ikan juga dapat menjadi membantu mencegah stunting.

"Konsumsi protein hewani, khususnya ikan, sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak," kata dokter spesialis gizi klinis Nurhati Febriani ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga

Dr Nurhati menjelaskan bahwa kandungan protein yang terdapat di dalam ikan sangat tinggi. Ikan juga mudah dicerna oleh anak.

"Ikan mengandung asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino tubuh manusia," jelas dokter yang praktik di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, Jawa Tengah, itu.

Dr Nurhati menyebut bahwa asam amino taurin yang terkandung di dalam ikan dapat berperan besar dalam perkembangan otak. Taurin juga merangsang pertumbuhan sel otak di masa balita dan pada 1.000 hari pertama kehidupan atau masa emas pertumbuhan anak.

"Karena itu, para orang tua dapat memperbanyak konsumsi protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak mereka, khususnya ikan atau protein hewani lainnya," katanya.

Protein hewani lain yang juga penting dalam mendukung tumbuh kembang anak di antaranya telur dan daging. Selain memperbanyak jumlah protein hewani, jangan lupa tetap masukkan lemak dalam porsi makan anak sesuai kebutuhan harian.

Menurut dr Nurhati, orang tua tetap perlu memerhatikan kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Lalu, sertakan pula mikronutrien dalam menu makan anak, seperti vitamin dan mineral serta air.

"Pemenuhan pola makan bergizi seimbang akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak terutama dalam mendukung upaya pencegahan stunting," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement