Kamis 26 Jan 2023 01:35 WIB

Kagumi RM, Soobin TXT Akui tak Bisa Tiru Leader BTS

Soobin TXT belajar banyak hal dari RM BTS.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Penyanyi rap Soobin TXT berbicara tentang kekagumannya terhadap leader BTS, RM. Penyanyi bernama lahir Choi Soo-bin itu mengungkapkan belajar banyak hal dari RM BTS.
Foto: Wikimedia
Penyanyi rap Soobin TXT berbicara tentang kekagumannya terhadap leader BTS, RM. Penyanyi bernama lahir Choi Soo-bin itu mengungkapkan belajar banyak hal dari RM BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi rap Soobin TXT berbicara tentang kekagumannya terhadap leader BTS, RM. Penyanyi bernama lahir Choi Soo-bin itu mengungkapkan belajar banyak hal dari RM BTS.

“Saya tidak berpikir saya adalah pemimpin yang sempurna, percaya diri, dan dengan semua yang ada di kepala saya. Saya baru-baru ini mengatakan bahwa saya mengagumi RM, dan dia benar-benar seperti itu,” kata penyanyi kelahiran 5 Desember 2000 itu dilansir Korea Boo, Selasa (24/1/2023).

Soobin mengagumi RM karena beragam minat dan proses berpikirnya dalam memimpin grup K-pop BTS. Soobin mengakui betapa berbedanya dia dan RM. “Dia memiliki jangkauan pemikiran yang sangat dalam di semua bidang dan kepercayaan diri pada selera dan arahannya sendiri. Saya tidak berpikir saya bisa menjadi pemimpin seperti itu,” ujar Soobin.

Alih-alih mengikuti petunjuk seniornya, Soobin menyadari bahwa dia hanya bisa menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Soobin mengatakan dia sangat percaya diri tentang bagaimana dirinya membuat anggotanya nyaman.

 

“Setidaknya untuk anggota saya, saya percaya bahwa kami memiliki hubungan di mana mereka merasa paling nyaman setiap kali mereka bersama saya, atau merasa tidak berdaya hanya dengan berbicara dengan saya,” kata Soobin.

Soobin membuktikan bahwa dia adalah pemimpin yang kuat dengan terinspirasi oleh RM, tetapi memfokuskan gaya kepemimpinannya pada apa yang dibutuhkan TXT darinya.

Soobin juga berbagi tentang tujuan TXT dalam hal karir. Soobin memberikan jawaban yang cukup transparan bahwa tujuan grupnya adalah memenangkan Daesang.

“Ambisi para anggota tumbuh pesat. Saya pikir motivasi kami terus meningkat, dan sebagai seorang pemimpin, saya harus mencoba dan memenuhi harapan para anggota,” ujar Soobin.

Leader TXT ini juga menambahkan bahwa alasan grupnya menjadi ambisius adalah senior mereka, BTS. “Kami ingin menjadi grup yang mengikuti jejak BTS sunbaenim (senior),” kata dia.

Sejak debut, TXT tidak pernah menghindar mengakui mereka menghormati senior BTS dan ingin mengikuti jejak grup beranggotakan tujuh orang itu, untuk menciptakan warisan artistik sendiri. Kini, setelah mereka menjabarkan tujuan untuk tahun ini, para penggemar siap bekerja dan mendukung para idola itu untuk mewujudkannya. TXT akan merilis mini album baru mereka,  The Name Chapter: Temptation pada 27 Januari 2023.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement