Ahad 22 Jan 2023 17:14 WIB

Komplikasi Mungkin Saja Terjadi Setelah Anestesi Spinal

Komplikasi akibat anestesi spinal bisa ringan ataupun berat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Suntik bius spinal juga dapat mendatangkan efek samping ataupun komplikasi.
Foto:

Komplikasi karena obat

Komplikasi karena obat berbeda dengan komplikasi akibat jarum suntik. Komplikasi yang terkait dengan obat bisa menyebabkan tekanan darah turun (hipotensi)

Gejala yang muncul bisa berupa mual dan sesak. Namun, keluhan itu bisa diatasi.

Jika obat anestesi yang diberikan ketinggian atau terlalu banyak dosisnya, lanjut dr Alfan, risiko pasien mengalami sesak lebih lebih tinggi. Sesaknya juga bisa lebih berat, bahkan sampai terjadi penurunan kesadaran.

Komplikasi lain bisa juga karena ada yang salah obat. Hal ini bisa saja terjadi. Seharusnya obat yang diberikan obat anestesi lokal, namun karena kemasannya mirip bisa juga tertukar dengan obat yang lain.

Dr Alfan menjelaskan sebetulnya sudah ada standar prosedur operasional (SOP) untuk menghindari itu, misalnya sebelum penyuntikan , perawat dan dokter selalu cek ulang mengenai obat tersebut berikut tanggal kedaluwarsanya. Hanya saja, human error dapat saja terjadi, seperti kasus yang pernah terjadi di luar negeri.

Untuk kasus hipotensi, mual, dan gatal, gejala tersebut bisa hilang sendiri. Dokter akan memberikan terapi yang tidak terlalu banyak.

"Yang jadi masalah adalah kesalahan obat. Kalau obat yang tidak neuro toxic atau yang tidak beracun pada saraf atau merusak saraf itu aman. Tapi kalau yang merusak saraf fatal akibatnya," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement