Sabtu 21 Jan 2023 12:30 WIB

Yuk, Intip Destinasi Wisata Bertema Pecinan Jelang Imlek

Momentum cuti bersama dan libur Imlek dapat dimanfaatkan untuk kumpul keluarga.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah pengunjung menyaksikan atraksi liong dan barongsai pada kirab perayaan kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) ke-606, di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Antara/R Rekotomo
Sejumlah pengunjung menyaksikan atraksi liong dan barongsai pada kirab perayaan kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) ke-606, di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Tahun Baru Imlek 2574 jatuh pada Ahad (22/1/2023), namun cuti bersama ditetapkan pada hari Senin (23/1/2023). Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menikmati perayaan imlek dengan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat. Bisa juga sekadar menikmati suasana dekorasi dan kuliner bertemakan imlek.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com, Gaery Undarsa menjelaskan setelah pemerintah secara resmi mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tanah air pada akhir tahun 2022, waktunya kita kembali rencanakan perjalanan dengan manfaatkan cuti bersama. "Kali ini tentu saja untuk menikmati suasana imlek ke berbagai destinasi yang sarat dengan suasana Imlek," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Berikut rekomendasikan destinasi wisata Pecinan yang ramah di kantong untuk sambut dan rayakan liburan Imlek tahun 2023:

1. Jakarta, DKI Jakarta

 

Masyarakat Jakarta yang menikmati weekend, baik yang merayakan Imlek maupun tidak, dapat memanfaatkan aneka ragam keseruan di dalam kota dan dekat rumah masing-masing.

Jajaran kegiatan wisata menelusuri area pecinan seperti eksplor Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok Jakarta Barat yang cocok bagi para penikmat kuliner. Adapula kunjungan di area fotogenik di bagian utara Jakarta yakni Pantjoran PIK. Sampai di PIK, jangan lupa menginap di Oakwook PIK Jakarta. Pilihan menginap juga bisa dilakukan di tengah kota Jakarta yaitu di Fraser Residence Menteng Jakarta.

 

2. Bogor - Bandung, Jawa Barat

Telusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana, area ini cocok menjadi tujuan untuk berwisata bertemakan Imlek di Bogor. Memiliki area yang unik, pecinan Bogor ini amat berbaur dengan budaya lokal terutama suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas.

Berwisata di Suryakencana Bogor ini bisa dengan cara menelusuri jalan utamanya sepanjang satu kilometer. Pada bagian di sisi-kanan kirinya terdapat destinasi wisata religi, budaya, dan kuliner yang bisa dikunjung.

Atau jika mulai bosan dengan kegiatan wisata pecinan yang klasik, Anda juga dapat mengajak si kecil untuk berkunjung ke Istana Panda yang terdapat di Taman Safari Indonesia. Lengkapi pengalaman staycation seru dengan menginap di Glamping at Taman Wisata Alam Sevillage Puncak.

Bagi Anda yang memiliki rencana menghabiskan akhir pekan imlek di Kota Bandung, saatnya cari promo hotel Bandung, salah satunya Hotel Janevalla Bandung. Mencari villa dengan suasana berbeda dapat jadi pilihan menginap di Yellow House Bandung yang memiliki konsep rumah minimalis berlokasi pinggir sungai.

 

3. Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang. Pilihan aktivitas ke taman hiburan juga dapat menjadi rekomendasi mengisi Imlek dengan mengunjungi Saloka Theme Park.

Pilihan diskon hotel yang berlokasi di area kawasan Chinatown Semarang juga tersedia, di antaranya Chanti Hotel Semarang dan Gumaya Tower Hotel Semarang.

 

4. Surabaya, Jawa Timur

Kelenteng Hong Tiek Hian dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata. Kelentengini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua dikota ini. Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan.

Anda pun dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa. Hotel murah berlokasi dekat stasiun kereta api Gubeng, yaitu Maxonehotels At Dharmahusada Surabaya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement