Senin 16 Jan 2023 17:00 WIB

Gejala Long Covid Masih Mendera? Sabar, Butuh Sekitar Setahun untuk Pulih

Long Covid ditandai dengan gejala yang bertahan selama lebih dari 12 pekan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penyintas Covid-19 (Ilustrasi). Beberapa gejala long Covid adalah sesak napas, hilang kemampuan mencium bau dan mengecap rasa, nyeri otot, diare, kehilangan nafsu makan, suhu tinggi, batuk, sakit kepala, ruam, dan lainnya.
Foto:

Peneliti senior di KI Research Institute Israel, Dr Bivas Benita, mengatakan, temuan serupa juga terjadi di seluruh varian tipe alpha dan delta Covid-19. Studi yang dilakukannya menunjukkan pasien Covid-19 ringan berisiko mengalami sejumlah perubahan kesehatan dan kebanyakan dari mereka sembuh dalam waktu setahun sejak diagnosis.

"Yang penting, risiko dyspnea atau sesak napas berkurang pada pasien yang divaksinasi dibandingkan dengan yang tidak divaksinasi," kata Benita, dikutip dari laman Express, Senin (16/1/2023).

National Institute for Health and Care Research (NIHR) menunjukkan 1,8 juta orang di Inggris saat ini mengalami long Covid. Menurut penelitian dari NIHR, perempuan lebih cenderung melaporkan gejala long Covid.

Ada faktor risiko tambahan yang terkait dengan risiko long Covid. Memiliki kesehatan mental prapandemi yang buruk atau kesehatan umum yang buruk, mengidap asma, dan kelebihan berat badan atau obesitas termasuk di antaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement