Jumat 13 Jan 2023 16:37 WIB

Populer untuk Diet, Pasien Diabetes tak Kebagian Obat Ozempic

Ozempic terkenal di TikTok sebagai obat penurun berat badan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obat diabetes (ilustrasi). Ozempic, obat diabetes produksi Novo Nordisk digunakan di luar indikasi yang tertera di dalam label, yakni untuk obat penurun berat badan.
Foto:

Terkait kelangkaan Ozempic, beberapa pasien terpaksa menurunkan dosis obat yang mereka gunakan. Penurunan dosis ini merupakan kondisi yang tak ideal karena tubuh pasien bisa tak merespons obat tersebut secara optimal.

Pasien lain yang sama sekali tak bisa mendapatkan Ozempic seperti Tammie juga harus beralih ke opsi obat-obatan lain. Penggantian obat ini juga bisa menjadi tak efektif dalam pengelolaan diabetes.

Terkait kelangkaan ini, pihak Novo Nordisk mengungkapkan bahwa mereka telah memperbaiki ketersediaan Ozempic. Meski begitu, mereka mengakui masih ada kendala dalam hal pemasokan obat.

Terkait kelangkaan ini, Tammie tak menyalahkan orang-orang yang menggunakan Ozempic untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, Tammie merasa kecewa dengan pihak produsen dan distributor obat yang dia nilai belum dapat memenuhi kebutuhan banyak pasien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement