Jumat 13 Jan 2023 04:00 WIB

Kolesterol Tinggi Tandanya Bisa Terlihat dari Warna Lidah, Warna Ini yang Harus Diwaspadai

Kolesterol tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala hingga terjadi keparahan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan lidah pasien (Ilustrasi). Peneliti memperingatkan lidah ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar sebagai temuan penting dari stasis darah, kondisi yang terjadi akibat komplikasi kolesterol tinggi.
Foto:

Hal tersebut terkait dengan perubahan warna seperti lebam dan kebiruan pada selaput lendir, terutama area hangat seperti lidah dan bibir, serta kulit dan kuku. Kondisi ini juga berkaitan erat dengan sianosis perifer, yang menyebabkan kaki dan tangan menjadi ungu.

"Ini jarang terjadi, lidah biru diamati pada pasien dengan sianosis perifer," kata para ahli medis yang menulis di jurnal Cureus pada 2019, dilansir laman Express, Kamis (12/1/2023).

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Menurut Healthline, kondisi lain yang menyebabkan tangan dan kaki membiru ialah aterosklerosis atau plak di dinding arteri. Namun, kondisi seperti aterosklerosis juga cenderung menyebabkan lidah ungu.

Perlu juga dicatat bahwa tidak semua kasus perubahan warna lidah berhubungan dengan sirkulasi darah yang buruk. Menurut Oral Cancer Foundation, beberapa tumor, termasuk kanker lidah, dapat mengubah lidah menjadi warna merah tua atau ungu pada permukaan mulut.

Selain itu, lidah ungu atau yang berwarna kebiruan bisa menandakan kekurangan vitamin atau masalah dengan kelenjar adrenal. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Inggris, lidah terkadang berubah menjadi ungu karena penyakit Kawasaki atau radang pembuluh darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement