Kamis 12 Jan 2023 18:04 WIB

Sinetron Vertikal Jadi Terobosan Baru Gaet Penonton

Sinetron vertikal menawarkan fleksibilitas yang diyakini dapat menarik penonton.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Sinetron vertikal menjadi terbosan baru untuk menggaet penonton. (ilustrasi)
Foto: Dok RepublikaSnackVideo
Sinetron vertikal menjadi terbosan baru untuk menggaet penonton. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah kreator konten membuat terobosan baru dengan menghadirkan sinetron berformat vertikal. Sinetron dengan format baru ini menawarkan fleksibilitas yang dapat menarik hati lebih banyak penonton.

Berbeda dengan sinetron konvensional, sinetron vertikal buatan tiga kreator konten SnackVideo ini hadir dengan durasi yang sangat singkat, yaitu 150 detik hingga tiga menit per episode. Selain itu, tiap judul sinetron vertikal yang dihadirkan juga hanya terdiri dari beberapa episode saja.

Baca Juga

Karena diunggah di platform berbagi video pendek, sinetron-sinetron vertikal ini bisa dinikmati kapan saja. Misalnya saat sedang menaiki transportasi umum dan terjebak di tengah kemacetan.

"Tidak usah menunggu lama dan yang paling penting, tidak ada iklan," Head of Operations SnackVideo Indonesia, Yugo Prabowo, pada Rabu (11/1/2023).

 

Sinetron vertikal karya tiga kreator konten ini merupakan bagian dari program SinetronSnack dari SnackVideo. Melalui program ini, SnackVideo memberikan kesempatan kepada kreator konten untuk menggarap sinetron vertikal bersama bintang sinetron ternama seperti Meriam Bellina, Afdhal Yusman, dan Megan Domani.

Meriam Bellina membintangi sinetron vertikal berjudul "Setelah Asmara" yang digarap oleh kreator konten Kiki Armando. Di sisi lain, Afdhal Yusman membintangi "Ceban Terakhir" karya kreator konten Romy Armando. Sedangkan Megan Domani membintangi "Bidadara" karya kreator konten Sky Iskandar.

Kehadiran SinetronSnack ini ternyata disambut dengan sangat baik oleh para pengguna SnackVideo. Tiap episode dari sinetron-sinetron yang dihadirkan berhasil meraih jutaan view, sejak ditayangkan pada 8 Januari 2023.

Menurut aktris Megan Domani, kehadiran sinetron dalam format vertikal dan dengan durasi yang pendek merupakan sebuah konsep baru serta menyegarkan. Megan menilai konsep sinetron seperti ini sangat cocok bagi generasi muda sepertinya yang gemar mencari hiburan dari media sosial atau platform berbagai video pendek.

"Aku suka banget, karena cuma 150 detik per episode, aku sendiri jadi lebih tertarik (menonton)," jelas Megan.

Di sisi lain, Megan tak menampik bila sinetron vertikal memberi tantangan tersendiri baginya sebagai seorang aktris. Menurut Megan, konsep tayangan vertikal membuat ekspresi aktor dan aktris menjadi lebih tersorot saat beradu peran.

Hal ini cukup menantang karena sinetron yang dibintangi oleh Megan adalah sinetron bergenre drama komedi. Saat melakoni adegan sedih bersama lawan mainnya yang lucu, Megan harus benar-benar mampu menahan tawanya agar tak terlihat di kamera.

"Untuk (sinetron) vertikal, lebih kelihatan kalau senyum-senyum tipis (saat menahan tawa)," ujar Megan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh aktor Afdhal Yusman yang harus melakukan adegan-adegan aksi dalam sinetron vertikal "Ceban Terakhir". Karena ruang frame yang lebih terbatas, Afdhal mengatakan dia harus melakukan sejumlah penyesuaian agar adegan perkelahian yang dia lakukan tertangkap sepenuhnya di dalam layar.

"Tapi dari segi syuting, seperti yang dibilang Mba Meriam, itu sangat simpel dan cepat," ujar Afdhal.

Tiga SinetronSnack saat ini sudah bisa disaksikan melalui akun Sky Officials untuk "Bidadara", Kiky Armando untuk "Setelah Asmara", dan Bang Omie untuk "Ceban Terakhir". Masing-masing sinetron vertikal ini menawarkan genre dan pengalaman menonton yang baru sekaligus menghibur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement